Senin, 14 Oktober 2024

Penelitian: Berhenti Merokok Bahkan di Usia 75 Tahun Masih Bisa Tambah Harapan Hidup Seseorang

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tanda larangan merokok. Foto: Shutterstock

Berhenti merokok menawarkan berbagai manfaat kesehatan, seperti penurunan risiko kanker dan stroke serta peningkatan harapan hidup. Namun, apakah terlambat untuk berhenti merokok di usia lanjut? Jawabannya tidak.

Sebuah penelitian yang diterbitkan American Journal of Preventive Medicine menunjukkan bahwa bahkan pada usia 75 tahun, berhenti merokok tetap dapat memperpanjang umur seseorang.

“Kami telah melihat penurunan signifikan jumlah perokok dewasa muda selama dekade terakhir, tetapi jumlah perokok di kalangan orang dewasa yang lebih tua masih stagnan. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa berhenti merokok bermanfaat pada usia berapa pun dan memberikan insentif bagi orang dewasa yang lebih tua untuk berhenti,” kata Thuy TT Le pemimpin penelitian tersebut yang dikutip Medical Daily, Minggu (13/10/2024).

Studi tersebut meneliti manfaat berhenti merokok pada orang dewasa yang lebih tua, dengan membandingkan kelompok usia 35 hingga 75 tahun. Hasilnya, seseorang yang berhenti merokok pada usia 75 tahun dapat memperoleh kembali sekitar 0,7 tahun dari harapan hidup yang berkurang hingga sembilan tahun.

Sekitar delapan persen dari mereka yang berhenti di usia ini akan mendapatkan kembali setidaknya empat tahun, atau 45 persen dari harapan hidup mereka. Di usia 65 tahun, 10 persen individu yang berhenti merokok dapat memperoleh kembali delapan tahun umur dibandingkan dengan mereka yang terus merokok.

Selain itu, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah merokok, perokok aktif berusia 35, 45, 55, 65, dan 75 tahun berpotensi kehilangan rata-rata 9,1 hingga 4,4 tahun umur. Namun, berhenti pada usia-usia tersebut dapat mencegah hilangnya rata-rata delapan hingga 0,7 tahun umur.

“Berhenti sejak dini tentu menghindarkan kita dari kehilangan banyak tahun akibat merokok, namun bahkan mereka yang berhenti di usia 65 tahun ke atas masih dapat memperpanjang umur secara signifikan,” ujar para peneliti.

Temuan ini mengungkap bahwa meskipun manfaat berhenti merokok menurun seiring bertambahnya usia, orang lanjut usia tetap dapat memperoleh peningkatan signifikan dalam harapan hidup. Bahkan di usia lanjut, berhenti merokok membawa manfaat kesehatan yang penting.

“Manfaat berhenti merokok tidak hanya bagi orang dewasa muda dan paruh baya, tapi juga pada orang lanjut usia. Meskipun manfaatnya tampak lebih kecil dalam angka absolut, keuntungan tersebut mewakili sebagian besar dari sisa harapan hidup seseorang,” tambah Kenneth E. Warner, salah satu peneliti. (bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 14 Oktober 2024
37o
Kurs