Sabtu, 12 Oktober 2024

10 Rekomendasi Museum yang Bisa Kamu Kunjungi di Surabaya

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Tampak luar Rumah kelahiran Bung Karno Surabaya, Rabu (2/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Pilihan ideal untuk tempat liburan adalah museum. Selain mendapatkan hiburan, wisatawan juga mempunyai kesempatan untuk belajar tentang sejarah.

Surabaya merupakan kota yang kaya akan sejarah dan terdapat banyak museum yang patut untuk dikunjungi.

Museum-museum ini memiliki beragam minat, mulai dengan perbankan, olahraga, pendidikan, dan sejumlah minat lainnya.

Inilah 10 rekomendasi museum yang bisa kamu kunjungi di Surabaya

1. Museum Surabaya

Suasana Museum Surabaya yang bisa menjadi spot foto bagi pengunjung, Jumat (27/9/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Rekomendasi museum di Surabaya yang pertama adalah Museum Surabaya atau Siola. Museum ini berada di jantung Kota Surabaya, tepatnya di Jalan Tunjungan No. 1, Genteng.

Suasana Museum Surabaya yang terletak di Siola, Jumat (27/9/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Pendirian museum ini telah dilakukan sejak tahun 1877 dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan benda-benda bersejarah. Selain itu, museum ini juga memberikan informasi mengenai sistem pemerintahan kota di masa Belanda, hingga saat ini, serta berbagai macam kendaraan dari tempo dulu.

Museum Surabaya atau yang biasa dikenal sebagai Siola ini tidak dikenakan biaya masuk. Buka dari jam 08.00-15.00 dan tutup setiap hari Senin.

2. Museum Pendidikan


Museum ini merupakan museum tematik sebagai upaya untuk melestarikan sejarah dan budaya bangsa yang berhubungan dengan kegiatan edukasi. Museum Pendidikan menyimpan berbagai bukti materiil pendidikan pada masa praaksara, masa klasik, masa kolonial, dan masa kemerdekaan.

Museum Pendidikan berlokasi di Jalan Genteng Kali No.10, Genteng, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60275.
Jam operasional: 08.00-21.00 WIB dan tutup setiap hari Senin.

Suasana Museum pendidikan Surabaya, Jumat (27/9/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Harga tiket masuk di Museum Pendidikan dibandrol dengan Harga Rp5.000.

Jika Anda membawa kendaraan pribadi ketika mengunjungi museum ini, Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda ke parkir umum Genteng Kali.

3. Museum H.O.S. Tjokroaminoto

Dinding Rumah H.O.S. Tjokroaminoto yang di penuhi oleh foto dan sejarahnya, Surabaya, Rabu (2/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Mulanya, museum ini merupakan bangunan asli dari tempat tinggal H.O.S. Tjokroaminoto. Terlebih, rumah ini menjadi saksi bisu atas lahirnya para pejuang nasional. Ini karena presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno pernah tinggal di dalamnya.

Pengunjung yang hendak masuk ke Rumah H.O.S. Tjokroaminoto Surabaya, Rabu (2/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Museum H.O.S. Tjokroaminoto berlokasi di Jalan Peneleh Gg. VII No.29-31, Peneleh, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60274. Jam operasional: 08.00-15.00 WIB dan tutup setiap hari Senin

Harga tiket masuk di Museum H.O.S. Tjokroaminoto dibandrol dengan Harga Rp5.000.

4. Museum Tempat Kelahiran Soekarno

Suasana Rumah kelahiran Bung Karno Surabaya, Rabu (2/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Rumah lahir dan masa kecil Presiden RI pertama Soekarno atau Bung Karno di Jalan Pandean IV Nomor 40, Kota Surabaya, Jawa Timur, menjadi tujuan destinasi wisata sejarah baru di Kota Pahlawan.

Tampak dalam Rumah kelahiran Bung Karno Surabaya, Rabu (2/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Sejarah menuliskan, Bung Karno pernah tinggal di rumah kos milik H.O.S Tjokroaminoto pada awal abad ke-20. Presiden RI ke-1 tersebut menjadikan rumah H.O.S Tjokroaminoto bukan hanya sebagai tempat tinggal, namun juga dijadikan tempat untuk belajar dan membentuk pemikiran nasionalisme.

Jam operasional: 08.00-15.00 WIB dan tutup setiap hari Senin.

Museum ini tidak dikenakan Harga tiket masuk. Untuk bisa masuk ke Museumnya Anda bisa booking melalui website Tiket Wisata Surabaya.

5. Museum Sepuluh November

Koleksi senjata di Museum 10 November Surabaya, Rabu (2/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Museum Sepuluh Nopember merupakan bagian dari komplek Tugu Pahlawan yang diresmikan pada 10 November 1951. Pendirian museum ini dimaksudkan untuk mengenang sejarah perjuangan para pahlawan dalam peristiwa legendaris, pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Suasana Museum 10 November Surabaya, Rabu (2/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Museum ini berlokasi di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Surabaya, Jawa Timur 60174
Jam operasional: 08.00-15.00 WIB dan tutup setiap hari Senin.

Harga tiket masuk di Museum Sepuluh November dibandrol dengan Harga Rp8.000 untuk pengunjung umum dan gratis bagi pelajar.

6. Museum Dr. Soetomo

Pintu masuk Museum DR. Soetomo Surabaya, Rabu (2/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Selaras dengan namanya, museum ini menampilkan riwayat hidup Dr. Soetomo. Beliau merupakan tokoh pergerakan dan salah satu pendiri organisasi Budi Oetomo.

Replika ruang tamu dan ruang praktek di Museum DR. Soetomo Surabaya, Rabu (2/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Museum ini berlokasi di Jalan Bubutan No.85-87, Bubutan, Kec. Bubutan, Surabaya, Jawa Timur 60174
Jam operasional: 08.00-15.00 WIB dan tutup setiap hari Senin.

Tiket masuk di Museum Dr. Soetomo dijual dengan Harga Rp5000

7. De Javasche Bank

Koleksi mesin-mesin yang pernah digunakan untuk memproduksi uang di Museum De Javasche Bank Surabaya, Jumat (11/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Museum Javasche Bank merupakan museum berikutnya yang ada di Surabaya. De Javasche Bank diakui sebagai gedung cagar budaya Bank Indonesia pada tahun 2012, meskipun bukan merupakan cabang dari museum Bank Indonesia di Jakarta.

Koleksi foto di Museum De Javasche Bank Surabaya, Jumat (11/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Banyak peralatan perbankan peninggalan zaman Belanda yang dipajang di museum ini, antara lain koleksi CCTV kuno, mesin cetak uang, dan mata uang.

Anda bisa menuju Jalan Garuda No. 1, Krembangan Selatan, Krembangan, Surabaya, untuk melihat museum ini. De Javasche Bank tidak dikenakan biaya tiket masuk.

Museum ini buka setiap hari mulai jam 9 pagi hingga 4 sore.

8. Museum Olahraga Surabaya

Pameran alat-alat yang pernah digunakan timbas pencak silat di Museum Olahraga Surabaya, Jumat (11/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Bisa dibilang museum ini berbeda dari museum lain yang ada di Indonesia. Museum Olahraga Surabaya menonjol dibandingkan museum lain yang menampilkan sejarah perjuangan tanah air karena hal tersebut. Pengunjung bisa melihat kembali sejarah olahraga Indonesia di sini.

Pengunjung sedang memperhatikan jaket timnas voli pantai yang dipamerkan Museum Olahraga Surabaya, Jumat (11/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Museum Olahraga Surabaya berlokasi di Jalan Indragiri, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60241
Jam operasional: 08.00-15.00 WIB dan tutup setiap hari Senin.

Tiket masuk di Museum Olahraga Surabaya dijual dengan Harga Rp5000

9. Museum Bawah Tanah (Balai Pemuda)

Pintu masuk museum bawah tanah Balai Pemuda Surabaya, Jumat (11/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Museum yang menjadi satu dengan alun-alun Surabaya ini merupakan ruang publik yang berada di Kompleks Balai Pemuda, Jalan Gubernur Suryo, kota Surabaya.

Museum ini buka setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB. Di sini pengunjung dapat berkegiatan seperti di alun-alun pada umumnya. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan disini diantaranya olahraga, wisata kuliner, berkumpul, atau nongkrong biasa.

Pengunjung yang sedang memperhatikan koleksi dari museum bawah tanah Balai Pemuda Surabaya, Jumat (11/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Museum ini berfungsi sebagai wadah seni sekaligus industri kreatif dan menjadi objek wisata populer di Kota Pahlawan. Selain itu, terdapat berbagai pertunjukan musik, tari, teater, seni lukis, dan seni lainnya setiap bulannya.

10. Monumen Kapal Selam


Kota Surabaya terkenal segudang wisata bersejarah. Salah satunya Monumen Kapal Selam (Monkasel). Monumen ini menjadi bukti atas kekuatan maritim Surabaya.

Bukan sekadar monumen biasa, Monkasel ternyata merupakan kapal selam asli. Mulanya, kapal selam itu digunakan oleh Tentara Angkatan Laut (TNI-AL) Surabaya.

Suasana Monumen Kapal Selam Surabaya, Senin (30/9/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Monkasel berlokasi di Jl. Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60271.

Monumen ini buka setiap hari dari jam 08.00 hingga jam 21.00. Harga tiket masuk yang dibandrol dengan harga Rp15.000 per orangnya. (nis/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Sabtu, 12 Oktober 2024
31o
Kurs