Sabtu, 12 Oktober 2024

Subandi Akan Buka Kesempatan Seluas-luasnya Peran Pemuda Ikut Bangun Kabupaten Sidoarjo

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Subandi (tengah) Calon Bupati nomor urut 1 memamerkan tanda tangannya pada pakta Komitmen Calon Bupati Sidoarjo kepada Pemuda, Jumat (11/10/2024). Foto: Istimewa

Subandi Calon Bupati (Cabup) Sidoarjo nomor urut 1 berjanji akan membuka kesempatan seluas-luasnya peran pemuda untuk ikut membangun Kabupaten Sidoarjo lewat program andalan untuk masa depan yang lebih baik.

Hal itu disampaikan Subandi, saat menghadiri undangan Aliansi Pemuda Sidoarjo di salah satu Warkop Jalan Mojopahit Sidoarjo, Jumat (12/10/2024). Mereka adalah para aktivis pemuda dari berbagai organisasi mahasiswa. Juga berbagai desa dan kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo.

Subandi berpandangan, peran generasi muda sangat penting dan besar dalam pembangunan daerah. Sebagai pemimpin daerah, dirinya telah membuktikan kepedulian, lewat beasiswa perguruan tinggi, tahfidz, santri, anak yatim, dan sebagainya.

”Kita perlu mempersiapkan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga mampu memimpin dan berdaya saing di dunia kewirausahaan,” paparnya.

Dia menyebutkan 14 Kerja pasangan calon BAIK (Subandi-Mimik) untuk Sidoarjo. Salah satunya adalah penciptaan 100 ribu lapangan kerja bersama pengusaha dan stakeholders lain yang siap diwujudkan.

Begitu pula program beasiswa yang sudah diberikan kurang lebih dua ribu per tahun selama dirinya menjabat wakil bupati. Total nantinya bakal tembus 10 ribu dan jumlahnya dipastikan terus diperbanyak pada 2025 mendatang.

Ada pula pembangunan creative space untuk anak-anak muda yang ingin berkreasi dan berinovasi. Creative space ini akan dilengkapi dengan fasilitas wifi gratis. Lokasinya disebar merata di 18 kecamatan se-Sidoarjo.

”Kami ingin memberikan ruang seluas-luasnya untuk anak-anak muda yang kreatif dan inovatif,” tambahnya.

Demikian untuk bidang kesehatan, infrastruktur, pemberdayaan UMKM, banyak yang disiapkan dan bahkan sebagian besar sudah dilaksanakan.

Tak kalah penting, lanjut Bandi, dirinya bersama Mimik Idayana wakilnya yang didukung Partai Gerindra telah menyiapkan skema program makan gratis dan bergizi untuk anak-anak yang digagas Prabowo Subianto presiden terpilih.

“Kami siap melaksanakan dan menyukseskan program Pak Prabowo Subianto itu,” tegas Subandi.

Pada kesempatan itu, Subandi juga menegaskan pentingnya tiga pilar besar pembangunan yang diawali dengan grand design. Kabupaten Sidoarjo harus punya rencana yang jelas.

”Grand design pembangunan ini menguatkan langkah-langkah strategis pembangunan. Agar program pembangunan tidak hanya menghabiskan anggaran APBD, tetapi memiliki tujuan besar yan jelas,” terang Subandi.

Kedua, Kabupaten Sidoarjo harus punya master plan smart city. Perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasan program dilakukan secara digital, melibatkan masyarakat secara aktif. Pelayanan publik berbagai bidang menggunakan teknologi informasi berbasis digital. Mudah, transparan, dan akuntabel.

“Saya tidak mau lagi ada pengurusan izin yang lambat dengan alasan apa pun. Dengan sistem digital, semua mudah dilacak. Mandeknya di mana, harus diselesaikan,” tambahnya.

Terakhir yang ketiga, menerapan sistem meritokrasi dalam penataan birokrasi. Cabup nomor urut 1 di Pilkada Sidoarjo itu menyatakan tidak ada lagi jual-beli jabatan atau titip-titipan pejabat.

“Birokrasi ditata berdasar kualifikasi, kompetensi, dan kinerja. Kabupaten Sidoarjo punya banyak pejabat hebat. Mereka ditempatkan sesuai bidang keahliannya,” jelasnya. (bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Sabtu, 12 Oktober 2024
36o
Kurs