Jumat, 11 Oktober 2024

Yaqut Sebut Layanan Haji 2024 Sangat Memuaskan Berkat Diplomasi Jokowi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama (Menag). Foto: Antara

Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama (Menag) mengatakan Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) masuk kategori “Sangat Memuaskan” sejak tahun 2018-2024 berkat diplomasi Joko Widodo (Jokowi) Presiden.

“Ini juga adalah bukti dari upaya diplomasi yang dilakukan Jokowi Presiden kepada Kerajaan Arab Saudi,” ujar Yaqut dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (11/10/2024) dilansir Antara.

Tahun ini IKJHI yang sudah dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai skor 88,20 dari rentang 100, yang artinya sangat memuaskan.

Pada 2018 IKJHI menyentuh skor 85,23, 2019 mencapai 85,91, tahun 2022 sebesar 90,45, tahun 2023 sebesar 85,83, dan 2024 mencapai 88,20. Namun angka tahun 2022 tidak bisa dibandingkan dengan tahun-tahun lain, mengingat penyelenggaraan ibadah haji masih dalam pembatasan.

Kata Yaqut, ada sejumlah faktor yang membuat IKJHI berkategori “Sangat Memuaskan” antara lain dibukanya tiga layanan fast track oleh Arab Saudi, yakni di Embarkasi Soekarno Hatta, Adi Soemarmo Solo, dan Juanda Surabaya.

Lebih dari 50 persen haji Indonesia dapat menikmati layanan fast track yang mempercepat proses pemeriksaan dokumen dan imigrasi, membuat jemaah bisa langsung menuju akomodasi di Arab Saudi.

“Ini hal yang luar biasa karena kebijakan Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia itu hanya memberikan satu fast track setiap satu negara. Tetapi Indonesia karena kemampuan lobi Joko Widodo Presiden diberikan tiga fast track,” kata Menag.

Kemudian pada tahun 2024 juga mencatat sejarah baru dengan tambahan kuota haji Indonesia sebanyak 20 ribu orang, sehingga dari jumlah sebelumnya 221 ribu menjadi 241 ribu orang.

Jumlah ini menjadi tertinggi yang pernah diberikan Kerajaan Arab Saudi. Menurut Yaqut, hal ini lagi-lagi berkat upaya diplomasi yang dilakukan Jokowi kepada Kerajaan Arab Saudi.

“Pertama kalinya juga, kita mendapatkan kuota tambahan terbesar dalam sejarah. Mendapatkan tambahan kuota haji sebanyak 20 ribu orang. Tentu bukan pekerjaan yang mudah,” kata Menag.

Menag juga menyampaikan apresiasi tertinggi dari jemaah haji datang pada layanan Bus Shalawat dan petugas haji yang selalu hadir di hampir setiap aspek layanan.

“Jemaah merasakan layanan yang baik dari Kementerian Agama, dari para petugas-petugas haji yang memberikan layanan yang baik kepada mereka. Petugas-petugas haji sudah berkomitmen memberikan layanan yang terbaik,” kata Menag.

Layanan konsumsi di Makkah, lanjutnya, juga terus mengalami peningkatan pesat, mencakup kelengkapan layanan konsumsi di Makkah mulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam, serta penyediaan makanan siap saji di Armuzna pada tahun 2024.

“Pelayanan katering juga dilakukan secara penuh selama di Makkah,” katanya.

Jauh sebelumnya pada tahun 2015 jemaah haji Indonesia hanya mendapat 15 kali makan selama di Makkah. Pada tahun 2024 jemaah haji Indonesia mendapatkan 84 kali makan, jumlah terbanyak sepanjang sejarah.

Selain kuantitas, kata dia, konsumsi juga mengalami peningkatan kualitas. Tahun 2024 sebanyak 70 ton bumbu Nusantara diekspor dari Indonesia ke Saudi. Hal ini membuat makanan yang dikonsumsi oleh jemaah Indonesia memenuhi cita rasa Nusantara. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Surabaya
Jumat, 11 Oktober 2024
30o
Kurs