Jumat, 11 Oktober 2024

BMKG Kembangkan Sistem untuk Kelola Data Gempa Secara Real Time

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengembangkan sistem canggih end-to-end untuk memantau aktivitas seismik dan memberikan peringatan dini gempa.

Sistem end-to-end yang dibangun oleh BMKG ini mampu mengolah data seismograf secara real-time dan mengubahnya menjadi informasi yang mudah dipahami. Informasi ini kemudian disebarluaskan kepada pemerintah dan masyarakat sehingga tindakan mitigasi dapat dilakukan dengan cepat.

“BMKG telah membangun sistem end-to-end yang memonitor dan mendeteksi gempa. Sistem ini mengolah data seismograf menjadi informasi yang kemudian disampaikan kepada pemerintah, sehingga tindakan atau kebijakan yang tepat dapat segera diambil untuk melindungi masyarakat,” ujar Septa Anggraini Penanggung Jawab Tim Diseminasi Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG dalam siaran pers, Jumat (11/10/2024) dilansir Antara.

Keberadaan teknologi canggih ini sangat krusial mengingat potensi gempa megathrust di Indonesia. Sebagai informais, gempa megathrust adalah gempa bumi besar yang terjadi akibat pergerakan lempeng tektonik di zona subduksi. Indonesia sendiri punya banyak zona subduksi yang membentang dari Sumatera hingga Papua.

Dengan sistem pemantauan gempa yang semakin canggih, kata dia, diharapkan dapat meminimalisir dampak buruk yang ditimbulkan oleh gempa bumi. Peringatan dini yang akurat akan memberikan waktu bagi masyarakat untuk melakukan evakuasi dan menyelamatkan diri.

Pengembangan teknologi pemantauan gempa oleh BMKG merupakan langkah maju dalam upaya mitigasi bencana di Indonesia. Dengan adanya sistem peringatan dini yang canggih, diharapkan masyarakat dapat lebih siap menghadapi ancaman gempa bumi. Kolaborasi antara berbagai pihak juga menjadi kunci dalam mengurangi dampak negatif dari bencana alam ini. (ant/bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Surabaya
Jumat, 11 Oktober 2024
31o
Kurs