Jumat, 11 Oktober 2024

BMKG: Akan Ada Potensi Hujan Petir di Sejumlah Kota RI

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Ilustrasi. Hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Foto: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut potensi hujan dengan intensitas ringan di sejumlah kota besar hari ini, Jumat (11/10/2024), serta mengingatkan akan potensi hujan yang disertai petir seperti Banjarmasin, Padang, Pekanbaru, Mamuju, dan Merauke.

Efa Septiani Prakirawan cuaca BMKG mengatakan bahwa di pulau Sumatera, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di kota Banda Aceh dan juga Medan. Sementara itu, ujarnya, untuk kota Jambi dan juga Pangkal Pinang, diperkirakan hujan dengan intensitas ringan.

“Perlu diwaspadai akan adanya potensi hujan yang disertai dengan petir di kota Padang, Pekanbaru dan juga Tanjung Pinang,” kata Efa, seperti dilaporkan Antara.

Efa juga mengingatkan bagi yang yang di Lampung, karena diperkirakan hujan dengan intensitas sedang, serta yang berada di sekitar Bengkulu dan juga Palembang, karena diperkirakan hujan dengan intensitas lebat yang disertai dengan petir.

Di Pulau Jawa, katanya, Yogyakarta diperkirakan cerah berawan. Sedangkan untuk Bandung, Serang, Jakarta, Semarang dan Surabaya, secara umum diperkirakan berawan tebal.

“Kota Kupang diperkirakan cerah berawan. Kemudian Denpasar diperkirakan cerah, sedangkan Mataram diperkirakan udara kabur,” dia menuturkan.

Untuk Kalimantan, dia memprediksi bahwa pulau itu secara umum diguyur hujan, seperti di Tanjung Selor, Samarinda dan juga Palangkaraya yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

“Pontianak diperkirakan hujan dengan intensitas sedang. Perlu diwaspadai untuk Banjarmasin diperkirakan hujan yang disertai dengan petir,” dia menambahkan.

Adapun di Pulau Sulawesi, Makassar diperkirakan berawan tebal, sementara potensi hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terdapat di kota Manado, Palu dan juga Kendari. Untuk Gorontalo diperkirakan hujan dengan intensitas sedang.

“Sedangkan untuk Mamuju perlu diwaspadai karena adanya potensi hujan yang disertai dengan petir,” dia menambahkan.

Di bagian timur, katanya, Jayapura diperkirakan berawan, Ternate dan juga Manokwari diperkirakan berawan tebal. Selain itu, Efa memperkirakan udara kabur Ambon.

Dia menambahkan, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di kota Sorong dan juga Jayawijaya. Sedangkan Nabire diperkirakan hujan dengan intensitas sedang.

Efa mengingatkan potensi hujan yang disertai dengan petir di kota Merauke. (ant/nis/ham/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Surabaya
Jumat, 11 Oktober 2024
33o
Kurs