Sabtu, 12 Oktober 2024

Gibran Janji Sediakan Menu Makan Bergizi Gratis Khusus untuk Anak dengan Alergi

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Gibran Rakabuming Raka Wakil Presiden RI Terpilih bersama Heru Budi Hartono Penjabat Gubernur DKI Jakarta saat berada di SMAN 70 Jakarta Selatan dalam pemantauan uji coba makan siang gratis, Rabu (9/10/2024). Foto: Antara

Gibran Rakabuming Raka Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Terpilih menyatakan, akan memperhatikan dan menyediakan menu makan siang bergizi gratis untuk anak-anak yang memiliki alergi terhadap makanan tertentu.

“Terkait alergi segala macam ini memang saya temui di beberapa sekolah. Dan untuk anak-anak yang memiliki alergi, saya sendiri punya alergi. Jadi ini akan ada atensi khusus. Menunya di bedakan dan itu tidak masalah,” katanya dilansir dari Antara, saat memantau uji coba makan bergizi gratis di SMA Negeri 70 Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2024).

Ia mengatakan, catatan dari uji coba yang telah dilakukan, memang menu makanan yang diberikan harus menyesuaikan dengan murid masing-masing. Karena, ia ingin semuanya bisa menerima manfaat dari program yang ia usung bersama Prabowo Subianto Presiden Terpilih.

“Saya dan Pak Presiden Terpilih terus mengkaji dan mencari formulasi terbaik untuk program ini. Besaran anggarannya, atau pakai dapur pusat (central kitchen), memanfaatkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Nanti akan segera kami putuskan,” ucapnya.

Untuk pemberian uji coba makan siang bergizi gratis di SMAN 70, menu yang diberikan adalah nasi putih, ayam teriyaki, salad sayur, tahu, perkedel, telur hingga buah pisang dengan total 781.58 kilokalori (Kkal) per kotaknya.

Jumlah porsi yang diberikan di SMAN 70 sebanyak 1.075 kotak makan dengan harga Rp25.000 per porsi.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa soal anggaran untuk tiap kotak makanan, pihaknya akan terus melakukan uji coba dengan harga yang berbeda beda.

“Makanya tadi saya bilang ke Pak Pj Gubernur, ini termasuk yang paling mewah yang pernah saya lihat. Di angka Rp25.000. Kemarin kita uji coba Rp15.000. Menunya beda-beda. Sekali lagi, ini masih uji coba. Kita masih membutuhkan masukan-masukan berbagai pihak,” ucapnya.

Seperti diketahui, uji coba program makan siang gratis tersebut, sudah dijalankan selama tiga bulan di beberapa kota di Indonesia.(ant/ris/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Surabaya
Sabtu, 12 Oktober 2024
28o
Kurs