Jumat, 11 Oktober 2024

Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini: Hujan Ringan di Pagi Hari, Cerah di Siang dan Malam

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Hujan diprakirakan membasahi sejumlah kota. Siapkan payung dan jas hujan Anda! Foto: Getty Images

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan cuaca di wilayah Jawa Timur (Jatim) berpotensi hujan dengan intensitas ringan pada Selasa (8/10/2024) hari ini.

Pada pagi hari, sebagian wilayah diprediksi akan mengalami cuaca cerah, berawan, dengan potensi kabut dan hujan ringan.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diperkirakan tetap cerah dan berawan, namun beberapa daerah kemungkinan akan diselimuti kabut.

Kondisi yang serupa juga diharapkan terjadi pada malam hari dan dini hari, dengan dominasi cuaca cerah dan berawan, serta potensi kabut di beberapa wilayah.

Suhu udara pada hari ini diperkirakan berkisar antara 12 derajat Celsius hingga 37 derajat Celsius, dengan tingkat kelembapan antara 29 persen hingga 99 persen.

Angin dominan bertiup dari arah tenggara hingga selatan dengan kecepatan antara 5 hingga 32 kilometer per jam.

Sedangkan BMKG Tanjung Perak menyebut kondisi cuaca disebagian besar wilayah perairan Jatim cerah berawan, dengan potensi hujan di perairan selatan Jawa Timur.

Arah angin didominasi dari arah timur laut ke tenggara dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 19 knots (35 km/jam) dan di Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 22 knots (41 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0,3-0,8 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0,5-1,5 meter, dan di Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1,3-2,3 meter. (saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Surabaya
Jumat, 11 Oktober 2024
31o
Kurs