Senin, 7 Oktober 2024

Setahun Perang di Gaza, Paus Fransiskus Kembali Serukan Gencatan Senjata

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Paus Fransiskus berpidato di depan umat saat ia tiba untuk audiensi umum mingguan di Vatikan pada 8 Juni 2022. Foto: Reuters Paus Fransiskus ketika berpidato di depan umat saat ia tiba untuk audiensi umum mingguan di Vatikan pada 8 Juni 2022. Foto: Reuters

Paus Fransiskus kembali menyerukan gencatan senjata segera di semua konflik di Timur Tengah menjelang peringatan satu tahun meletusnya perang di Jalur Gaza, Palestina.

Dalam penutup doa di Lapangan Santo Petrus, Vatikan pada Minggu (6/10/2024), Paus Fransiskus mendesak masyarakat internasional untuk mengakhiri balas dendam.

Paus Fransiskus juga mendesak agar konflik bersenjata dihentikan karena dapat menjerumuskan kawasan itu ke dalam perang yang lebih besar.

“Jangan lupa, masih banyak sandera di Gaza, yang saya serukan untuk segera dibebaskan,” kata Paus Fransiskus dilansir dari Antara pada Senin (7/10/2024).

Pada 7 Oktober 2023, Israel menjadi sasaran serangan roket Hamas dari Jalur Gaza. Kelompok perlawanan Palestina itu juga menerobos perbatasan dengan Israel, menyerang, dan menyandera.

Sekitar 1.200 orang tewas dalam serangan itu, menurut Israel.

Sebagai balasan, Israel meluncurkan operasi militer di Gaza dan memblokade penuh wilayah kantong Palestina itu.

Lebih dari 41.800 warga Palestina telah tewas akibat serangan-serangan Israel sejak 7 Oktober tahun lalu, menurut otoritas kesehatan Gaza. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Senin, 7 Oktober 2024
35o
Kurs