Senin, 7 Oktober 2024

BMKG Prakirakan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Awal Pekan Ini

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Hujan diprakirakan membasahi sejumlah kota. Siapkan payung dan jas hujan Anda! Foto: Getty Images

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang disertai petir pada Senin (7/10/2024).

Bagas Briliano Prakirawan BMKG menyampaikan hujan berintensitas ringan berpotensi terjadi di 12 daerah. Daerah-daerah itu meliputi Aceh, Padang, Sumatera Barat; Pekanbaru, Riau; Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung; Serang, Banten; dan Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Berikutnya adalah Banjarmasin, Kalimantan Selatan; Samarinda, Kalimantan Timur; Kendari, Sulawesi Tenggara; Gorontalo; Ternate, Maluku Utara; dan Manokwari, Papua Barat.

Lalu, hujan dengan intensitas sedang diprediksi akan mengguyur sepuluh daerah, yaitu Tanjung Pinang, Kepulauan Riau; Jambi; Bengkulu; Palangkaraya, Kalimantan Tengah; Pontianak, Kalimantan Barat; dan Palu, Sulawesi Tengah.

Selanjutnya, hujan berintensitas sedang diprediksi pula akan mengguyur Sorong, Papua Barat; Nabire, Papua; Ambon, Maluku; dan Jayawijaya, Papua Pegunungan.

“Sementara hujan lebat atau hujan disertai petir/kilat berpotensi terjadi di Mamuju, Sulawesi Barat; Manado, Sulawesi Utara; Jayapura, Papua; dan Merauke, Papua,” katanya dilansir dari Antara.

BMKG juga memprediksi dua daerah berpotensi dilanda udara kabut atau kondisi cuaca berkabut, yaitu Palembang, Sumatera Selatan dan Lampung.

Ada pula potensi kondisi cuaca berawan tebal di enam daerah, yakni Jakarta, Bandung, Jawa Barat; Semarang, Jawa Tengah; DI Yogyakarta; Surabaya, Jawa Timur, dan Makassar, Sulawesi Selatan.

Kemudian cuaca cerah hingga berawan diprediksi BMKG terjadi di Denpasar, Bali serta Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Senin, 7 Oktober 2024
34o
Kurs