Senin, 7 Oktober 2024

BMKG Prakirakan Cuaca Cerah, Berawan dan Berkabut pada Awal Pekan Ini

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi cuaca cerah di Pantai Pacet Tulungagung. Foto: Pratama suarasurabaya.net

BMKG Juanda menyebut cuaca di Jawa Timur diperkirakan bervariasi sepanjang Senin (7/10/2024) hari ini.

Pada pagi hari, kondisi akan cerah dengan sedikit berawan dan kemungkinan kabut tipis. Memasuki siang hingga sore, langit diprediksi akan lebih berawan.

Malam hari nanti, cuaca kembali cerah namun tetap berawan, dengan potensi kabut yang sama seperti pagi hari. Cuaca ini berlanjut hingga dini hari, dengan situasi yang mirip: cerah, berawan, dan berkabut.

Suhu udara hari ini mulai dari 12 derajat celsius hingga mencapai 38 derajat celsius. Kelembapan udara juga berubah-ubah, dengan tingkat minimum 24 persen dan mencapai puncaknya di 99 persen.

Angin diprediksi bertiup dari tenggara hingga selatan dengan kecepatan berkisar antara lima hingga 33 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Tanjung Perak menyebut sebagian besar perairan Jawa Timur akan berawan. Arah angin didominasi dari timur hingga tenggara, dengan kecepatan maksimum mencapai 20 knots (37 km/jam) di Laut Jawa bagian timur dan 23 knots (42 km/jam) di Samudera Hindia selatan Jawa Timur.

Gelombang laut juga bervariasi. Di Selat Madura, gelombang diperkirakan berada di kisaran 0,3 hingga 1,0 meter. Sementara di Laut Jawa bagian timur, gelombang bisa mencapai 1,8 meter.

Sedangkan di Samudera Hindia selatan Jawa Timur, yang terkenal dengan ombaknya yang lebih tinggi, diperkirakan akan mengalami gelombang setinggi 1,3 hingga 2,3 meter. (saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Senin, 7 Oktober 2024
34o
Kurs