Senin, 7 Oktober 2024

Warga Australia Dilaporkan Mulai Tinggalkan Mobil dan Beralih ke Sepeda untuk Hemat Biaya

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Semakin banyak warga Australia memilih bepergian menggunakan sepeda dalam upaya menekan tagihan rumah tangga karena krisis biaya hidup yang terus berlanjut. Foto: Drive

Warga Australia kini semakin banyak yang beralih menggunakan sepeda, meninggalkan mobil mereka demi menghemat pengeluaran rumah tangga di tengah krisis biaya hidup.

Dilansir dari laman Drive pada Minggu (6/10/2024), data dari Bicycle Network mencatat peningkatan enam persen pengguna sepeda di Australia dan empat persen di Victoria dibandingkan tahun lalu.

“Kami tidak hanya menggunakan sepeda untuk bekerja dan mengasuh anak, tetapi juga untuk ke dokter, kantor pos, dan perjalanan singkat lainnya. Kami menghemat biaya kerusakan mobil karena menggunakannya hanya untuk perjalanan jauh,” kata Alice Humble seorang ibu dari Ballarat, Victoria kepada ABC.

Survei 2023 oleh Dewan Iklim Australia menunjukkan bahwa 71 persen warga Australia terpaksa mengurangi penggunaan mobil akibat kenaikan harga bahan bakar.

Pada April 2024, harga rata-rata bahan bakar di Sydney mencapai rekor tertinggi 237,9 sen per liter, menurut NRMA.

Data dari Asosiasi Otomotif Australia (AAA) mengungkapkan bahwa rata-rata rumah tangga dengan dua anak menghabiskan 459 dolar Australia (AUD) per minggu untuk biaya operasional mobil, meningkat dari 415 AUD tahun lalu.

Kenaikan biaya ini mendorong lebih banyak orang meninggalkan mobil mereka dan beralih ke sepeda.

Laporan dari situs perbandingan asuransi Mozo juga mencatat kenaikan 16 persen premi asuransi mobil, dengan rata-rata warga Australia membayar 1.717 AUD per tahun.

Hal ini mendorong 16 persen pengendara untuk membatalkan atau menurunkan polis asuransi mereka, menurut survei Finder.

Di sisi lain, penjualan mobil baru di Australia juga menurun. Pada September 2024, hanya terjual 99.881 kendaraan baru, turun 9,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. (saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Senin, 7 Oktober 2024
26o
Kurs