Senin, 7 Oktober 2024

YouTube Perpanjang Durasi Shorts Menjadi 3 Menit

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Tampilan ikon aplikasi YouTube di iPhone XR. Foto: iStock

YouTube telah mengumumkan pembaruan penting untuk layanan video pendek mereka, Shorts, dengan memperpanjang durasinya hingga tiga menit.

Dengan perubahan ini, kreator akan memiliki lebih banyak ruang untuk berkreasi dan menyampaikan pesan tanpa terbatasi oleh durasi yang terlalu singkat.

Dalam sebuah unggahan di blog resmi, Todd Sherman Director of Product Management YouTube Shorts menyatakan bahwa durasi baru ini akan tersedia mulai 15 Oktober 2024.

“Ini adalah fitur yang paling banyak diminta oleh kreator, dan kami senang bisa memberikan fleksibilitas lebih dalam menceritakan kisah mereka,” ujarnya dilansir dari Antara pada Minggu (6/10/2024).

Perpanjangan durasi ini akan berlaku untuk video dengan rasio aspek persegi atau lebih tinggi, dan tidak akan memengaruhi video yang sudah diunggah sebelum tanggal tersebut. YouTube juga berencana untuk meningkatkan rekomendasi Shorts berdurasi lebih panjang dalam beberapa bulan mendatang.

Selain memperpanjang durasi, YouTube memperkenalkan beberapa pembaruan dalam pembuatan konten. Salah satunya adalah penyediaan template, yang memungkinkan kreator untuk lebih mudah mengikuti tren terbaru dan menyesuaikan video mereka dengan lagu viral atau tren lainnya.

Untuk mencoba template, pengguna cukup memilih opsi “Remix” di Shorts dan memilih “Use this template” untuk membuat versi mereka sendiri.

YouTube juga akan menghadirkan Veo, model AI canggih dari Google, yang akan membantu kreator dalam menghasilkan video dengan latar belakang menarik dan klip mandiri.

“Kreator akan dapat mewujudkan ide mereka dengan cara yang lebih menakjubkan, sehingga Shorts mereka semakin memukau akhir tahun ini,” tambah Todd.

Terakhir, YouTube memberikan opsi bagi pengguna untuk menyesuaikan preferensi mereka dalam mengakses konten Shorts. Jika pengguna merasa terpapar terlalu banyak konten, mereka bisa memilih opsi “Show fewer Shorts” dengan mengeklik menu tiga titik di sudut kanan atas kisi Shorts di beranda, sehingga pengalaman menonton menjadi lebih nyaman. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Senin, 7 Oktober 2024
27o
Kurs