Minggu, 6 Oktober 2024

BMKG Catat Serangkaian Gempa Kecil Guncang Sejumlah Daerah Indonesia Semalam

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi Gempa. Foto: netralnews.com

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat serangkaian gempa berkekuatan kecil yang mengguncang sejumlah daerah di Indonesia sejak Sabtu (5/10/2024) malam, hingga Minggu (6/10/2024) dini hari WIB. Seluruh gempa itu memiliki kekuatan di bawah magnitudo 5,0.

Melansir Antara, BMKG melalui akun X menyebutkan, gempa pertama terjadi pada Sabtu malam pukul 20.12 WIB, di wilayah Bolaang Uki, Sulawesi Utara. Gempa itu tercatat berkekuatan rendah dengan kedalaman mencapai 19 kilometer.

Tak lama setelahnya, pukul 21.40 WIB, gempa lainnya mengguncang wilayah Timur Laut Melonguane, Sulawesi Utara, dengan kekuatan lebih besar, namun masih tergolong ringan. Gempa itu terjadi di kedalaman sekitar 13 kilometer.

Di hari yang sama, pukul 23.16 WIB, wilayah Kabupaten Kupang di Nusa Tenggara Timur juga diguncang gempa dangkal magnitudo 3,1. Getaran gempa dirasakan di beberapa titik, dengan kedalaman sekitar 10 kilometer.

Pada Minggu dini hari kembali terjadi gempa dengan lokasi 40 Km tenggara Mamberamo Tengah Papua dengan magnitudo 4,2 serta kedalaman 25 kilometer.

Selanjutnya di Pulau Jawa, pada Minggu dini hari, wilayah Kota Bogor, Jawa Barat, mengalami gempa dangkal dengan pusat gempa sangat dekat dari daratan, yakni lima kilometer.

Sementara itu, gempa lain dilaporkan terjadi di wilayah Kabupaten Garut. Kedua gempa ini memiliki kekuatan di bawah magnitudo 3,0 dengan kedalaman yang relatif dangkal.

Berikutnya, terjadi gempa dengan magnitudo 3,9 dengan lokasi 122 Km barat laut Melonguane Sulawesi Utara pukul 03.15 WIB dengan kedalaman 133 kilometer.

Berpindah sekitar 70 Km tenggara Kabupaten Nias Sumatera Utara terjadi juga gempa dengan magnitudo 3,2 serta kedalaman 10 kilometer pada pukul 04.24 WIB.

Terakhir, pada pukul 04.30 WIB terjadi gempa dengan magnitudo 2,5 dengan lokasi 49 Km Barat Daya Morowali Utara Sulawesi Tengah dengan kedalaman 10 kilometer. (ant/bil/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 6 Oktober 2024
34o
Kurs