Sabtu, 5 Oktober 2024

Belanda Evakuasi 185 Orang dari Lebanon, Penerbangan Evakuasi Mendarat di Eindhoven

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Penumpang turun dari pesawat evakuasi pemerintah Bulgaria dari Lebanon. Foto: AFP

Belanda mengevakuasi 185 orang yang terdiri dari warga negara Belanda dan warga negara lain dalam penerbangan evakuasi pertamanya dari Lebanon.

“Penerbangan repatriasi pertama kami dari Lebanon baru saja mendarat di Eindhoven, Belanda. Di dalamnya ada 185 orang, termasuk beberapa orang dari Belgia, Irlandia dan Finlandia,” kata Caspar Veldkamp Menteri Luar Negeri Belanda.

Dilansir dari Antara, Veldkamp menuturkan bahwa penerbangan repatriasi kedua dijadwalkan pada Sabtu (5/10/2024) hari ini.

Pada 1 Oktober, Israel mengumumkan dimulainya operasi darat militer terbatas di Lebanon selatan yang dilaporkan tidak berencana untuk menduduki wilayah mana pun di negara tersebut secara permanen.

Sejak pekan lalu, Angkatan Udara Israel telah melakukan serangan besar-besaran dengan target menyasar gerakan Syiah Lebanon, Hizbullah, di berbagai wilayah di negara tetangga. Beberapa serangan udara yang ditargetkan di Beirut juga telah dilakukan dan menewaskan sejumlah komandan tinggi Hizbullah.

Hizbullah menanggapi serangan itu dengan peluncuran rudal, terutama menargetkan Israel utara, serta jangkauan serangannya meningkat secara signifikan dalam beberapa hari terakhir.

Pada 1 Oktober, Iran meluncurkan beberapa ratus rudal balistik ke arah Israel sebagai tanggapan atas pembunuhan Hassan Nasrallah pemimpin Hizbullah, Ismail Haniyeh pemimpin Hamas, dan Abbas Nilforoushan komandan senior Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC). (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 5 Oktober 2024
30o
Kurs