Sabtu, 5 Oktober 2024

Pertahanan Indonesia Dinilai Makin Kuat, Jokowi Sampaikan Terima Kasih kepada Prabowo

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden dan Prabowo Subianto Presiden Terpilih menghadiri acara pengucapan sumpah/janji jabatan Anggota Dewan periode 2024-2029, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). Foto: istimewa

Joko Widodo Presiden mengucapkan terima kasih khusus kepada Prabowo Subianto Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih hasil Pemilu 2024, atas peningkatan indeks kekuatan pertahanan Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi, pagi hari ini, Sabtu (5/10/2024), dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Menurut Presiden, Prabowo sukses menjalankan berbagai program kerjanya, seperti modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista), mendorong industri pertahanan dalam negeri, dan memperkuat diplomasi pertahanan di kancah global.

Jokowi bilang, memperkuat pertahanan sangat penting untuk merespons berbagai macam tantangan.

“Secara khusus saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertahanan, Bapak Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto sekaligus sebagai Presiden Terpilih yang telah meningkatkan kekuatan Pertahanan Indonesia dalam menghadapi berbagai macam tantangan, dan masih banyak lagi,” ucapnya.

Berdasarkan data Global Fire Power Military lembaga pemeringkat kekuatan militer dunia, tahun 2019 Indonesia berasa di posisi 16 dengan Power Index 0,2804.

Tahun 2024, Indonesia menempati peringkat ke-13 dengan skor Power Index 0,2251, dari total 145 negara yang dianalisis.

Pada kesempatan itu, Presiden juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Prajurit TNI atas loyalitas serta pengabdian kepada Rakyat, Bangsa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selama 10 tahun menjadi Presiden, Jokowi mengaku merasakan peran dan kontribusi nyata TNI, antara lain dalam menjaga kedaulatan negara, menjaga persatuan dan stabilitas politik.

Sekadar informasi, tema peringatan HUT ke-79 TNI adalah TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 5 Oktober 2024
34o
Kurs