Sabtu, 5 Oktober 2024

PT PAL Pastikan Kapal Selam Baru untuk TNI AL 100 Persen Dibangun di Dalam Negeri

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kaharuddin Djenod CEO PT PAL Indonesia. Foto: PT PAL

Kaharuddin Djenod CEO PT PAL Indonesia memastikan pembangunan kapal selam baru untuk TNI AL tipe “Scorpene” akan 100 persen dilakukan di dalam negeri, yakni di PT PAL.

“Sepenuhnya dibangun secara lokal di PT PAL dengan menyerap SDM lokal, dan meningkatkan penguasaan teknologi rancang bangun kapal selam nasional,” tegas Kaharuddin dalam keterangannya yang diterima, usai kuliah umum bertema “Kebangkitan Peradaban Maritim Indonesia” di Institut Teknologi Bandung (ITB), Jumat (4/10/2024).

Untuk diketahui, pada 28 Maret 2024 lalu, PT PAL Indonesia bersama Naval Group menandatangani kontrak pembangunan dua Kapal Selam Scorpène Evolved full Lithium Ion Battery (LiB).

Kapal selam baru tersebut merupakan pesanan Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI.

Kaharuddin menyebut kapal selam baru tipe Scorpene Evolved akan memiliki daya tahan menyelam lebih panjang karena menggunakan teknologi yang diusung. “Kalau kapal selam konvensional selama ini menggunakan baterai lithium acid,” terangnya.

“Saat ini status pembangunan kapal selam baru sudah memasuki proses desain, penguatan infrastruktur, dan perencanaan perlengkapan rantai pasok bahan baku,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Joko Widodo Presiden melalui memberikan arahan kepada TNI Angkatan Laut (AL) tentang pentingnya pembangunan alutsista, khususnya armada kapal selam, di dalam negeri.

Hal itu disampaikan Laksamana TNI Muhammad Ali Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) usai agenda penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana kepada Jokowi Presiden di Markas Komando Lintas Laut Militer, Jakarta Utara, Sabtu (28/9/2024).

“Arahan dari Bapak Presiden selalu mengutamakan pembuatan kapal-kapal itu di dalam negeri,” ujarnya.

Meskipun muncul rencana pengadaan kapal selam dari Perancis, Muhammad Ali menegaskan bahwa akan ada kerja sama dengan PT PAL selaku perusahaan BUMN yang bergerak di bidang industri maritim dan energi, khususnya untuk produksi kapal dan alutsista Indonesia, untuk mengembangkan proyek ini.

“Ini merupakan joint venture antara Naval Group dan PT PAL untuk membangun kapal selam kelas Scorpène® Evolved terbaru yang dilengkapi teknologi pendorongan dan persenjataan canggih,” tuturnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 5 Oktober 2024
34o
Kurs