Jumat, 4 Oktober 2024

Dari Teori ke Praktik: Mahasiswa Fikom UKWMS Belajar Konvergensi Media di Suara Surabaya

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kunjungan media yang di lakukan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya di suara surabaya, Jumat (4/10/2024). Foto: Kevin Wijaya MG suarasurabaya.net

Sebanyak 110 mahasiswa semester satu dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (Fikom UKWMS) melakukan kunjungan ke Suara Surabaya Center, pada Jumat (4/10/2024) siang.

Judy Djoko Wahjono Tjahjo atau yang biasa dipanggil Bung Djoko, dosen mata kuliah Pengantar Penyiaran Digital Fikom UKWMS mengungkapkan, tujuan kunjungan media ini untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswanya terkait konvergensi media.

“Saya ingin mereka memahami mengenai Suara Surabaya sebagai media mainstream, karena untuk mengenali media online itu basic nya harus mengerti tentang media mainstream,” ungkapnya.

Para mahasiswa Fikom UKWM saat melihat langsung proses penyaringan informasi di ruang Gate Keeper Suara Surabaya, Jumat (4/10/2024). Foto: Kevin Mg suarasurabaya.net

Bung Djoko juga mengungkapkan bahwa ia ingin mahasiswanya tidak hanya belajar mengenai teori saja tetapi juga belajar mengenai praktiknya secara langsung.

Dalam kunjungan tersebut, para mahasiswa mendapatkan materi mengenai berbagai program yang ada di Radio Suara Surabaya

Selain itu, mereka juga diajak berkeliling untuk melihat proses kerja di balik layar Radio Suara Surabaya, termasuk ruang Gatekeeper hingga divisi New Media.

Mereka juga diperkenalkan pada sistem pemberitaan yang dikelola di berbagai platform digital Radio Suara Surabaya seperti suarasurabaya.net, halaman Facebook e100, X (Twitter) @e100ss, Instagram dan TikTok @suarasurabayamedia, serta kanal YouTube Suara Surabaya Media.

Fabian Yudhistira penyiar Radio Suara Surabaya waktu memberikan penjelasan soal sistematis pengolahan informasi Suara Surabaya Media kepada mahasiswa Fikom UKWM, Jumat (4/10/2024). Foto: Kevin Mg suarasurabaya.net

Melalui kunjungan ini mahasiswa diharapkan bisa mengerti bagaimana proses konvergensi yang ada di media, serta diharapkan dapat memiliki pandangan baru mengenai radio.

Ivan Joe selaku ketua kelas turut mengaku dengan diadakannya kunjungan media ini, generasinya bisa mempelajari bagaimana radio bisa bertahan lama di era yang serba digital.

“Harapannya agar bisa mengerti proses dari new media. Terus juga menambah pengalaman kita di radio,” ucap Ivan. (nis/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 4 Oktober 2024
29o
Kurs