Jumat, 4 Oktober 2024

Kunjungi Kantor PWM Jatim, Risma Bahas Persoalan Pendidikan hingga Kesehatan Mental

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Tri Rismaharini Calon Gubernur (Cagub) Jatim diskusi di Kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim, di Surabaya, Jumat (4/10/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Calon Gubernur Jawa Timur (Cagub Jatim) nomor urut 3 mengunjungi Kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, di Dukuh Menanggal, Gayungan, Surabaya, pada Jumat (4/10/2024).

Risma mengatakan, kunjungannya ke kantor PWM Jatim tersebut untuk membahas berbagai persolaan, salah satu yang utama yakni pendidikan.

“Kan macam-macam (pembahasannya), ada pendidikan, ada pemberdayaan, penanganan anak yatim, kemudian ya masalah pendidikan lah yang utama,” katanya kepada awak media sesuai bertemu dengan sejumlah pimpinan di Kantor PWM Jatim.

Selain memperkuat kualitas pendidikan, kata dia, saat ini yang juga penting dalam dunia pendidikan yakni menguatkan mental health para pelajar atau mahasiswa. Sehingga, anak-anak memiliki jiwa yang kuat dan bisa menerima pembelajaran dengan baik.

“Iya pendampingan, memang sebetulnya itu sudah saya tahu sejak saya menjadi menteri Sosial soal mental health di anak-anak,” ucapnya.

Tri Rismaharini Calon Gubernur (Cagub) Jatim saat memberi keterangan kepada awak media di Kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim di Surabaya, Jumat (4/10/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Menurutnya, kondisi kesehatan mental saat ini menjadi salah satu persoalan yang harus mendapat perhatian lebih, agar tidak lebih parah.

“Sebetulnya itu bisa dirawat, jadi psikiater ataupun psikolog itu bisa nangani. Cuma memang harus didampingi terus-menerus gitu, supaya mereka tidak tambah itu, nah itu yang tadi sempat kita diskusikan,” bebernya.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan, lanjut dia, yakni dengan menjalin hubungan antara pelajar atau mahasiswa dengan sesama mahasiswa, atau pelajar dengan gurunya.

“Maka kemudian itu akan bisa diminimalisir. Kalau di luar negeri itu sudah biasa, dia telepon, dia konsultasi, dia punya masalah apa begitu, sehingga dia bisa melepas masalahnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Sukadiono Ketua PWM Jatim mengatakan, memang saat ini belum ada Gubernur yang jadi. Tetapi, kehadiran calon-calon gebernur, menjadi upaya untuk membangun sinergi antara PWM dengan Gubernur dan Wakil Gubernur yang nanti akan menjabat.

Karena itu pihaknya berpesan, agar calon gubernur yang mengunjungi PWM Jatim tersebut, terus memperhatikan tiga pilar utama, yakni pendidikan, kesehatan dan sosial.

“Itu yang saya kira harus menjadi perhatian Bu Risma di Jatim ini. Karena kalau tiga hal ini betul-betul kualitasnya bagus, Insya Allah juga akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat yang ada di Jawa,” pungkasnya.(ris/bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 4 Oktober 2024
29o
Kurs