Jumat, 4 Oktober 2024

Mengenali Solusi Alami Atasi Rambut Rontok, Mulai Penggunaan Minyak Zaitun Sampai Madu

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Ilustrasi rambut rontok

Masalah umum yang dialami banyak orang adalah rambut rontok. Salah satu kondisi tersebut akan mengakibatkan kebotakan jika rambut rontok terus menerus, kerontokan lebih dari 100 helai rambut per hari, dan pengobatan tertunda.

Oleh karena itu, memahami cara mengatasi rambut rontok secara alami sangatlah penting. Seperti memastikan tubuh mendapat nutrisi yang cukup atau menggunakan produk yang dirancang khusus untuk rambut rontok.

Hal ini dimungkinkan karena tubuh dapat memperkuat akar rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut bila mendapat nutrisi yang cukup.

Berikut cara mengatasi rambut rontok berlebihan secara alami menurut laman Siloam Hospitals.

1. Minyak Zaitun
Menggunakan minyak zaitun adalah obat alami pertama untuk rambut rontok. Pasalnya, zat besi, kalsium, dan vitamin A, C, D, E, dan K yang terdapat pada minyak zaitun dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun dalam jumlah banyak ke kulit kepala dan helai rambut Anda, lalu gosok dengan lembut. Setelah 30 menit, bilas dengan air bersih.

2. Lidah Buaya
Menyuburkan dan meningkatkan pertumbuhan rambut adalah salah satu dari banyak manfaat kecantikan lidah buaya yang terkenal. Kandungan zat besi, protein, dan vitamin A dan D semuanya berkontribusi terhadap manfaat ini.

Caranya adalah dengan melapisi rambut dan kulit kepala secara merata dengan gel lidah buaya, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan ini setiap hari.

3. Yogurt
Yoghurt diketahui mengandung kalsium, potasium, protein, dan vitamin D, yang semuanya dapat memperkuat akar rambut dan memberi nutrisi. Yogurt dapat digunakan untuk mengurangi kerontokan rambut dengan cara memijatkannya ke seluruh kulit kepala dan rambut. Setelah sekitar 30 menit, bilas dengan sampo dan air bersih.

4. Bawang dan Madu
Obat alami rambut rontok selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran madu dan air perasan bawang merah. Pasalnya bawang pandai mencegah kerontokan rambut berlebihan karena memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Caranya adalah dengan mengoleskan air perasan bawang dan satu sendok makan madu ke kulit kepala dan diamkan selama dua jam adalah cara pengaplikasian yang disarankan. Terakhir, gunakan sampo dan air bersih untuk membilas rambut.

5. Teh Hijau
Salah satu yang bisa dicoba untuk mengatasi rambut rontok berlebih adalah teh hijau. Pasalnya, epigallocationchin-3-gallate (EGCG) yang diduga terdapat pada tanaman herbal ini memiliki kemampuan meremajakan folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Selain itu, kandungan antioksidan teh hijau dapat membantu meningkatkan aliran darah ke rambut. Akibatnya, pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat.

Untuk menggunakannya, rendam dua kantong teh hijau ke dalam secangkir air, tutupi rambut Anda dengan handuk, dan biarkan selama lima belas menit. Bilas rambut sampai bersih setelah itu.

6. Menerapkan Pola Hidup Sehat
Anemia dan malnutrisi adalah dua masalah kesehatan lain yang dapat menyebabkan rambut rontok. Oleh karena itu, untuk mengatasi kerontokan rambut yang disebabkan oleh kondisi ini, penting untuk menerapkan gaya hidup sehat yang mencakup makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur.

7. Konsultasi dengan Dokter
Jangan takut untuk memeriksakan diri ke dokter jika setelah mencoba berbagai perawatan rambut rontok alami di atas, kondisi tidak kunjung membaik. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab rambut rontok, sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat. (nis/ham/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 4 Oktober 2024
33o
Kurs