Kamis, 3 Oktober 2024

Joe Biden Tegaskan Tak Dukung Serangan Israel Terhadap Fasilitas Nuklir Iran

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Joe Biden Presiden AS saat melakukan kunjungan ke salah satu restoran di Michigan, Jumat (12/7/2024). Foto: Reuters

Joe Biden Presiden Amerika Serikat menegaskan bahwa ia tidak mendukung serangan apa pun oleh Israel terhadap fasilitas nuklir Iran, sehari setelah Iran melancarkan serangkaian serangan ke Tel Aviv.

“Jawabannya adalah tidak,” ujar Biden ketika ditanya apakah dia mendukung serangan Israel terhadap fasilitas nuklir Iran, sebelum menuju North Carolina, Rabu (2/10/2024) waktu setempat.

Dilansir dari Antara, Biden mengatakan bahwa Israel berhak membalas serangan Iran pada Selasa namun harus dilakukan secara proporsional.

Ia menyebut telah melakukan pembicaraan dengan para pemimpin G7 dan kelompok itu sedang menyusun pernyataan sebagai tanggapan atas serangan tersebut.

Gedung Putih mengatakan pernyataan Biden dan pemimpin G7 “dengan tegas” mengutuk serangan Iran.

“Presiden Biden menyampaikan solidaritas dan dukungan penuh AS kepada Israel dan rakyatnya, dan menegaskan kembali komitmen kuat AS terhadap keamanan Israel,” kata pernyataan itu.

Pada Selasa (1/10/2024), Iran menembakkan 180 rudal yang disebutnya balasan atas pembunuhan terbaru terhadap Ismail Haniyeh pemimpin Hamas, Hassan Nasrallah pemimpin Hizbullah, serta komandan Garda Revolusi Iran.

Atas serangan itu, Israel bersumpah akan membalas pada waktu yang tepat dan menyebutnya eskalasi yang parah dan membahayakan. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 3 Oktober 2024
27o
Kurs