Rabu, 2 Oktober 2024

Kekeluargaan GFL Hidupkan Futsal Sekolah dan Kreativitas Suporter

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Tim SMAN 9 Surabaya merayakan kemenangan di Garuda Futsal League (GFL) bersama suporter di GOR Unesa pada Minggu (22/9/2024). Foto: Arvin Fayruz Mg suarasurabaya.net

Garuda Futsal League (GFL) terselenggara dengan meriah. 24 klub futsal dari berbagai sekolah SMA/SMK di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik unjuk kemampuan di GOR Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Setiap tim yang bertanding, beradu kekuatan terbaik di lapangan. Mereka berlomba untuk meraih gelar juara GFL seri pertama 2024.

Selain memberi wadah untuk kompetisi futsal tingkat pelajar, GFL juga memberikan dukungan penuh terhadap kebutuhan jersey pemain untuk pertandingan.

“Kita kasih jersey dengan kualitas yang tidak hanya layak, tapi menurutku itu bagus. Jadi kompetisi yang juga dapat jersey. Survey kita bilang bahwa mereka seneng banget dikasih jersey, entah jerseynya buat inventaris sekolah atau buat mereka sendiri,” kata Muhammad Aulia Akhva Nusantara Presiden GFL kepada suarasurabaya.net di Suara Surabaya (SS) Centre, Rabu (2/10/2024).

Para pendukung SMAN 9 Surabaya hadir untuk memberikan support kepada sekolahnya pada ajang Garuda Futsal League (GFL) di GOR Futsal Unesa, Minggu (29/9/2024). Foto: Arvin Fayruz Mg suarasurabaya.net

Bukan hanya menampilkan permainan futsal dari atlet SMA/SMK saja, tetapi GFL juga menyuguhkan kreativitas dan kekompakan yang luar biasa dari para suporter.

Dimulai pada tanggal 21 September, ratusan suporter langsung memadati tribun GOR Universitas Negeri Surabaya (Unesa), baik di sektor timur, barat maupun selatan.

Para suporter dari berbagai SMA/SMK di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik itu, juga punya anthem tim sekolahnya. Sehingga, yang dinyanyikan selama pertandingan bukan hanya chant saja, tetapi juga lagu khusus untuk klub futsal.

Tak berhenti pada chant dan anthem. Hampir seluruh kelompok suporter yang mendukung tim futsal sekolahnya di GFL, juga punya kreativitas koreografi. Mulai dari koreo kertas hingga koreo banner raksasa. Mereka menunjukkan kreativitasnya itu, setiap pertandingan berlangsung.

Pertandingan antara tim SMAN 12 Surabaya dengan SMAN 21 Surabaya dalam ajang Garuda Futsal League (GFL) di GOR Futsal Unesa pada Minggu (29/9/2024). Foto: Arvin Fayruz Mg suarasurabaya.net

Ia mengatakan, pendekatan yang hangat menjadi salah satu alasan terbentuknya suporter yang luar biasa, selain memang para suporter tersebut sudah punya basic terkait dukungan loyal, aktif dan kreatif terhadap timnya.

“Pendekatan kita ke tim itu beda lah, aku berani jamin ini tim teknisku ke mereka itu ngambil hatinya banget, dan terbukti mereka sangat open ke kita. Pendekatan kita Kekeluargaan. Jadi bukan kita dateng ngasih kertas, lalu hitam diatas putih,” ucapnya.

“Jadi, butuhnya apa sih, terutama dari supporter butuhmu apa, dukungan seperti apa yang bisa memaksimalkan kalian mendukung tim kalian dari timnya sendiri juga. Kita memberikan itu,” imbuhnya.

Seperti diketahui, GFL saat ini sudah sampai pada babak delapan besar. Pertandingan perebutan tiket ke partai semifinal tersebut akan digelar pada, Sabtu (5/10/2024). Sedangkan semifinal dan finalnya, akan diadakan sehari setelahnya, yakni Minggu (6/10/2024).

Dalam partai puncak tersebut, GFL juga akan mempersembahkan Mr. Jono and Joni untuk memeriahkan laga final. Selain itu, juga akan dilakukan closing ceremony dan pembagian hadiah untuk para pemenang GFL.(ris/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 2 Oktober 2024
28o
Kurs