Rabu, 2 Oktober 2024

Iran Akhiri Serangan Rudal, Siap Balas Jika Israel Provokasi Lagi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Gambar yang diambil dari Kota Hebron, Tepi Barat menunjukkan proyektil di atas Kota Ashdod, Israel pada 1 Oktober 2024. Foto: AFP

Iran mengatakan pada Rabu (2/10/2024) pagi bahwa serangan misilnya terhadap Israel telah selesai kecuali ada provokasi lebih lanjut.

“Tindakan kami akan dihentikan kecuali jika rezim Israel memutuskan untuk melakukan pembalasan lebih lanjut. Dalam skenario itu, respons kami akan lebih kuat dan lebih dahsyat,” kata Abbas Araqchi Menteri Luar Negeri Iran dalam sebuah unggahan di X pada Rabu pagi.

BACA JUGA: Netanyahu Janji Balas Serangan Rudal Iran

Korps Garda Revolusi Iran mengatakan serangan rudal itu merupakan balasan atas pembunuhan para pemimpin militan oleh Israel dan agresi di Lebanon dan Gaza.

Dilansir dari Reuters, tidak ada korban luka yang dilaporkan di Israel. Akan tetapi, satu orang tewas di Tepi Barat yang diduduki, kata pihak berwenang di sana.

Iran menggambarkan operasi itu sebagai operasi defensif dan semata-mata ditujukan pada fasilitas militer Israel. Kantor berita pemerintah Iran mengatakan tiga pangkalan militer Israel telah menjadi sasaran.

Teheran mengatakan serangannya merupakan respons terhadap pembunuhan para pemimpin militan oleh Israel dan agresi di Lebanon terhadap gerakan bersenjata Hizbullah yang didukung Iran dan di Gaza.

BACA JUGA: Iran Luncurkan Lebih dari 180 Rudal Balistik ke Israel

Sementara itu, Israel dan AS berjanji untuk membalas eskalasi Teheran karena kekhawatiran akan perang yang lebih luas meningkat.

Washington mengatakan akan bekerja sama dengan Israel untuk memastikan Iran menghadapi konsekuensi berat atas serangan pada Selasa (1/9/2024).

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menjadwalkan pertemuan tentang Timur Tengah pada Rabu, dan Uni Eropa menyerukan gencatan senjata segera. (saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 2 Oktober 2024
35o
Kurs