Selasa, 1 Oktober 2024

KA Pandalungan Tabrak Truk di Probolinggo, Masinis dan Petugas Kereta Cedera

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Kondisi lokomotif KA Pandalungan setelah tertabrak truk di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo pada Selasa (1/10/2024) pagi sekira pukul 08.50 WIB. Foto: Dodik G. via E100

Kecelakaan yang melibatkan KA Pandalungan relasi Gambir-Jember dengan truk terjadi pada Selasa (1/10/2024) pagi sekira pukul 08.50 WIB di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo.

Cahyo Widiantoro Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember bercerita, KA Pandalungan tertemper sebuah truk di Jalur Perlintasan Langsung (JPL) nomor 172 kilometer 89+600 antara Stasiun Grati – Bayeman.

“Menurut informasi dari masinis, ketika hendak melewati JPL tersebut, tiba-tiba saja ada truk yang hendak melintas,” kata Cahyo saat on air di Radio Suara Surabaya, Selasa siang.

Insiden ini menyebabkan lokomotif KA Pandalungan seri CC 2039508 mengalami kerusakan dan tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Cahyo menjelaskan, selain menyebabkan lokomotif mengalami kerusakan, juga menyebabkan masinis, asisten masinis dan satu petugas yang turut jalan di lokomotif mengalami cedera. Sopir truk pun mengalami luka ringan.

“Sedangkan untuk semua penumpang dalam kondisi selamat dan tidak ada yang mengalami cedera,” terang Cahyo.

Untuk petugas yang cedera, sudah ditangani oleh petugas paramedis kereta api yang sudah di lokasi. Kemudian korban loka dibawa ke rumah sakit terdekat.

Selain itu, PT KAI juga mengirimkan lokomotif penolong untuk menggantikan lokomotif CC 2039508 yang mengalami kerusakan.

“Atas kejadian ini, KAI Daop 9 Jember akan melakukan proses hukum sesuai dengan aturan yang berlaku,” tegasnya. (saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 1 Oktober 2024
34o
Kurs