Selasa, 1 Oktober 2024

Hari Pelantikan Anggota Dewan, Ribuan Karangan Bunga Terpampang di Kompleks Parlemen

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Karangan bunga membanjiri Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada hari pelantikan anggota dewan periode 2024-2029, Selasa (1/10/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Sebanyak 580 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, dan 152 Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2024-2029, hari ini, Salasa (1/10/2024), siap mengucapkan sumpah/janji jabatan, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Prosesi pengucapan sumpah/janji jabatan 732 orang anggota dewan yang terjadwal mulai pukul 09.30 WIB, akan dipandu Muhammad Syarifuddin Ketua Mahkamah Agung.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, ribuan karangan bunga sudah terpampang di sekitaran Kompleks Parlemen.

Karangan bunga itu tertulis ucapan selamat serta doa dan harapan dari berbagai pihak atas pelantikan para wakil rakyat yang mendapat kursi di Senayan.

Di area sebelah selatan Gedung Nusantara, ada lima karangan bunga untuk Abraham Sridjaja Anggota DPR RI dari Partai Golkar daerah pemilihan Jakarta II, dan untuk Puan Maharani politikus PDI Perjuangan daerah pemilihan Jawa Tengah V.

Karangan bunga membanjiri Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada hari pelantikan anggota dewan periode 2024-2029, Selasa (1/10/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Kalau satu orang anggota dewan yang dilantik hari ini mendapat dua karangan bunga saja, maka jumlahnya mencapai 1.464.

Sementara, arus kendaraan menuju Gedung DPR/DPD/MPR RI, sangat padat.

Selain karena kehadiran anggota dewan yang akan dilantik, kepadatan juga akibat banyaknya para pendamping seperti anggota keluarganya ikut ke lokasi acara.

Untuk menjaga ketertiban dan keamanan, Tim Pengamanan Dalam DPR RI melakukan penjagaan ketat bersama Pasukan TNI dan Polri.

Sekadar informasi, agenda pegucapan sumpah/janji jabatan Anggota DPR, DPD dan MPR RI ada dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Mereka yang akan duduk di kursi parlemen selama lima tahun ke depan merupakan hasil pemilihan legislatif, berbarengan dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. (rid/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 1 Oktober 2024
35o
Kurs