Selasa, 1 Oktober 2024

Polri Pastikan Personel Pengamanan Pilkada 2024 Harus Lolos Tes Kesehatan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Irjen Pol Dedi Prasetyo Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri). Foto: Humas Polri

Irjen Pol Dedi Prasetyo Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri) mengatakan, untuk meminimalkan risiko terhadap anggota, seluruh personel yang mengamankan Pilkada 2024 wajib dites kesehatannya.

“Yang lolos pemeriksaan kesehatan baru diberikan rekomendasi boleh terlibat langsung di dalam seluruh rangkaian pengamanan pilkada,” kata Irjen Dedi dilansir dari Antara pada Senin (30/9/2024).

Menurutnya, tes kesehatan ini diperlukan untuk mencegah serta menekan potensi personel Polri jatuh sakit atau meninggal dunia.

Untuk itu, Dedi meminta seluruh personel yang bertugas dipastikan dalam kondisi prima dan mampu melaksanakan pengamanan.

Selain harus lolos tes kesehatan, pemeriksaan kesamaptaan atau tes fisik dan psikologi juga akan dilakukan terhadap anggota pengamanan Pilkada.

“Jadi kondisi personel yang ditugaskan harus betul-betul sehat. Kami memitigasi jangan sampai terjadi fatalitas seperti tahun-tahun atau pemilu sebelumnya,” tuturnya.

Dia menyampaikan berkaca dari pengamanan Pilpres serta Pileg, para personel Polri khususnya yang bertugas di lapangan bersemangat dan berjibaku menjalankan tugas meski harus melintasi medan dengan berbagai tantangan. Oleh sebab itu semangat para personel perlu diimbangi kondisi prima.

Ia menjelaskan soal skenario pelibatan siswa Sekolah Polisi Negara (SPN) dalam pengamanan kantor-kantor polisi saat rangkaian kegiatan pilkada berlangsung. Namun, hal tersebut dilakukan jika benar-benar diperlukan.

“Kami sudah perintahkan juga seluruh siswa yang ada di SPN, nanti apabila situasi dibutuhkan perkuatan untuk menjaga kesatuan baik tingkat Polres, tingkat Polda, itu bisa dilibatkan. Ibarat-nya ini latihan kerjanya,” tuturnya.

Dia juga menuturkan terkait penguatan berjenjang mulai dari tingkat Polda ke jajaran Polres, dan Polres ke jajaran Polsek. Irjen Dedi mengatakan Sopstama Polri telah menghitung jumlah personel yang dibutuhkan untuk pengamanan Pilkada 2024. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 1 Oktober 2024
27o
Kurs