Selasa, 1 Oktober 2024

Hilgers dan Reijnders Resmi Jadi WNI dan Siap Bela Timnas Indonesia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Mees Hilgers dan Eliano Reijnders mengambil sumpah dan janji setia pewarganegaraan Indonesia di Brussel, Belgia pada Senin (30/9/2024). Foto: PSSI

Erick Thohir Ketua Umum PSSI mengungkapkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders telah mengambil sumpah dan janji setia pewarganegaraan Indonesia pada Senin (30/9/2024) di Brussel, Belgia.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak, mulai dari Presiden Jokowi, Komisi III dan VI DPR, Dirjen AHU dan Dirjen Imigrasi, serta Dukcapil DKI Jakarta yang memungkinkan percepatan sumpah WNI dua pemain naturalisasi kita, Mees dan Eliano,” kata Erick dalam keterangan resminya, Senin malam.

“Mengapa harus dilakukan di Brussel? Karena kedua pemain itu tidak punya jeda waktu jika pengambilan sumpah harus di Indonesia. Sementara kami berharap keduanya sudah bisa bermain saat Timnas berlaga melawan Bahrain dan China, Oktober nanti. Ini kerjasama semua pihak, dan saya bangga karena semua bekerja demi Indonesia,” imbuh Erick.

Sebelum pengambilan sumpah, PSSI melakukan serangkaian langkah cepat dalam waktu seminggu. Pembahasan di Komisi III dan X DPR berhasil diselesaikan pada Kamis (26/9/2024).

Kemudian diikuti pertemuan Erick dengan Menteri Hukum dan HAM untuk membahas proses di luar negeri, hingga akhirnya diterbitkan Keputusan Presiden yang memfasilitasi pengambilan sumpah.

Acara pengambilan sumpah dihadiri oleh perwakilan Kemenkumham, Cahyo Rahadian Muzhar Dirjen AHU, Andri Hadi Dubes RI untuk Belgia dan Uni Eropa, serta Arya Sinulingga anggota Komite Eksekutif PSSI.

“Saya berharap dukungan yang diberikan akan semakin memperkuat timnas dalam dua laga tandang krusial melawan Bahrain dan China,” sebutnya.

Saya optimistis, coach Shin Tae-yong akan memiliki strategi baru dengan kehadiran dua pemain yang merupakan andalan di klubnya masing-masing,” tambah Erick.

Timnas Indonesia dijadwalkan akan bertanding melawan Bahrain pada 10 Oktober. Dilanjutkan melawan China pada 15 Oktober 2024. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 1 Oktober 2024
27o
Kurs