Sabtu, 28 September 2024

PT PAL Siap Dukung Penuh Arahan Jokowi Soal Penguatan Alutsista dari Dalam Negeri

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kapal Cepat Rudal 60 meter KRI Panah-626 sukses melaksanakan sejumlah tugas dan latihan tempur, salah satunya Latihan Visit Board Search and Seizure (VBSS) dengan Tim Satkopaska Koarmada III di Perairan Sorong, Papua Barat Daya. Foto. PT. PAL Indonesia

PT PAL Indonesia nyatakan siap mendukung arahan Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI terkait penguatan alutsista dari dalam negeri khususnya untuk TNI Angkatan Laut.

Kaharuddin Djenod CEO PT PAL Indonesia, menegaskan arahan Jokowi sejalan dengan komitmen pihaknya mendukung program pemerintah mewujudkan kemandirian industri pertahanan, terutama di sektor maritim.

Sebelumnya, Laksamana TNI Muhammad Ali Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) mengungkap arahan Jokowi Presiden yang meminta agar terus mengutamakan alutsista buatan dalam negeri.

Ia juga menyebut rencana Prabowo Subianto Menteri Pertahanan RI (Menhan) sekaligus presiden terpilih, soal pengadaan kapal selam baru dari Prancis yang akan dikerjasamakan dengan PT PAL Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Pertahanan RI dan TNI AL kepada PT PAL Indonesia. Kerja sama dengan mitra strategis Naval Group (Perancis) dalam proyek pembangunan kapal selam kelas Scorpene ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kapabilitas industri pertahanan matra laut dalam negeri.” kata Kaharuddin dalam keterangannya yang diterima, Sabtu (28/9/2024).

Kaharuddin menambahkan, kolaborasi ini akan memberikan peluang bagi PT PAL Indonesia untuk menyerap teknologi terbaru, khususnya kapal selam.

Ia juga menjelaskan bahwa PT PAL Indonesia juga tengah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mendukung proyek pembangunan kapal selam baru.

“Kami memiliki sumber daya manusia yang kompeten, fasilitas dan sarana prasarana produksi , serta pengalaman dalam membangun kapal-kapal perang. Kami yakin dapat memenuhi kebutuhan TNI AL dan menjadikan kapal selam tipe Scorpene Evolved LIB sebagai kebanggaan bangsa Indonesia,” jelasnya.

Kaharuddin menyampaikan saat ini proyek pembangunan kapal selam baru kelas Scorpene sedang berjalan, yakni proses desain dan persiapan rantai pasok bahan baku.

“Targetnya awal pembangunan akan dimulai setelah proses segala persiapan tersebut selesai ditandai dengan pemotongan plat pertama,” pungkasnya. (bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 28 September 2024
29o
Kurs