Jumat, 27 September 2024

Pertemuan Puan dengan Ketua Parlemen Papua Nugini, Bahas Kerja Sama Pendidikan Hingga Solidaritas Melanesia

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI melakukan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Job Pomat Ketua Parlemen Papua Nugini di gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/2024). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Puan Maharani Ketua DPR RI bertemu dengan Job Pomat Ketua Parlemen Papua Nugini. Pertemuan untuk memperkuat hubungan bilateral antar kedua negara serta membahas potensi kerja sama ke depan.

Dalam pertemuan ini, Puan juga menekankan pentingnya solidaritas antar sesama negara Melanesia.

Pertemuan bilateral antara Puan dengan Job Pomat Ketua Parlemen Papua Nugini digelar di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Jumat (27/9/2024).

Pada pertemuan tersebut, Puan didampingi oleh Lodewijk F. Paulus Wakil Ketua DPR RI Bidang Politik dan Keamanan dan Utut Adianto Wakil Ketua Komisi I DPR RI.

“Sebagai negara tetangga Indonesia di sebelah timur, pertemuan ini menunjukkan diplomasi Indonesia harus seimbang, yaitu harus memperhatikan negara tetangga kita juga di timur, dan tidak hanya memperhatikan persaingan antar negara besar,” kata Puan di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/2024).

Dalam pertemuan tersebut, kedua negara menyampaikan komitmennya untuk saling memberi dukungan dan saling menghormati atas kedaulatan.

Puan berharap apa yang dibicarakan mengenai isu kedaulatan bisa dibawa hingga ke forum internasional termasuk KTT Melanesian Spreadhead Group (MSG) pada November 2024 mendatang sebagai bagian dari bentuk solidaritas.

“Saya ingin mengapresiasi dukungan yang konsisten oleh Papua Nugini kepada Indonesia pada forum regional (Pacific Island Forum/PIF) dan sub-regional (Melanesian Spearhead Group/MSG),” ungkap Puan.

“Saya juga mendorong untuk memperkuat hubungan antar masyarakat (people-to-people contact) kedua negara. Bisa dengan dengan pertukaran kunjungan antara generasi muda, ataupun melalui kerja sama pendidikan antara kedua negara,” jelasnya.

Indonesia dan Papua Nugini merupakan kekuatan ekonomi yang besar di Pasifik sehingga kerja sama antar-parlemen akan memiliki dampak besar bagi kemakmuran Pasifik. Sehingga jika kedua negara ini bergabung akan memiliki potensi besar yang menguntungkan.

“Saya mencatat perkembangan nilai perdagangan kedua negara selama periode 5 tahun terdapat kenaikan rata-rata 9,2%. Untuk itu, kelanjutan pembahasan Preferential Trade Agreement (PTA) menjadi sangat penting,” ucap Puan.

Mantan Menko PMK ini menambahkan, pertemuan bilateral di hari-hari terakhir DPR Periode 2019-2024 tidak menyurutkan semangat kerja sama antara DPR dan parlemen Papua Nugini. Selama 5 tahun terakhir, DPR RI disebut terus berperan aktif dalam menjalankan diplomasi parlemen untuk memperjuangkan kepentingan Indonesia dalam menghadapi tantangan global.

“Karena saat ini adalah hari-hari terakhir DPR RI periode ini, maka saya ingin sampaikan bahwa DPR RI pada 5 tahun terakhir ini telah berperan aktif menjalankan diplomasi parlemen. Hal ini dilakukan untuk mengatasi berbagai tantangan global yang dihadapi dunia, dan memperjuangkan kepentingan Indonesia,” kata Puan.

Puan mengakui bahwa melakukan diplomasi Parlemen selama 5 tahun terakhir bukanlah hal yang mudah, apalagi saat dunia menghadapi multi krisis, dunia yang unsustainable, menghadapi krisis seperti pandemi Covid-19, ketegangan geopolitik global, perang, perubahan iklim, perlambatan pertumbuhan ekonomi global, masalah ketahanan pangan, dan energi.

Lebih lanjut, Puan menyampaikan selama ini ia bersama anggota DPR lain tidak henti-hentinya menyuarakan kemerdekaan Palestina baik di dalam forum Parlemen Internasional maupun pertemuan bilateral dengan negara sahabat. Selain itu isu perempuan di dunia politik serta budaya damai juga menjadi perjuangan yang dibawa Puan.

“Saya sendiri secara konsisten di forum Parlemen internasional menyuarakan kemerdekaan Palestina, memperjuangkan pemberdayaan perempuan terutama dibidang politik, dan memperjuangkan budaya damai (culture of peace) dalam penyelesaian masalah,” sebut cucu Bung Karno itu.

“Saya harap apa yang telah dilakukan DPR selama 5 tahun dapat berkontribusi banyak bagi negara dan dunia, meningkatkan kesejahteraan Indonesia, serta sesuai amanat pembukaan UUD 1945,” imbuh Puan.

Usai dialog, pertemuan dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) terkait kerjasama DPR RI dengan Parlemen Papua Nugini yang ditandatangani oleh Puan Maharani Ketua DPR RI dan Job Pomat Ketua Parlemen PNG.

Adapun isi dari MOU itu sendiri adalah kesepakatan untuk saling kunjung antara pimpinan dan anggota parlemen kedua negara, saling mendukung dalam forum parlemen internasional, peningkatan kapasitas (capacity building).

Kemudian ada juga kerja sama praktik baik (best practices), dan pengalaman terkait fungsi Parlemen di bidang legislatif, anggaran, pengawasan dan juga kerja sama antar sekretariat Parlemen kedua negara untuk mendukung fungsi parlemen.

Setelah pendandatangan MoU, Puan lalu mengajak Ketua Parlemen Papua Nugini dan delegasi untuk melihat Gedung Nusantara DPR atau yang dikenal dengan sebutan Gedung Kura-Kura.

Sekadar informasi, selama 5 tahun ini DPR RI telah aktif mengadakan berbagai pertemuan internasional di antaranya sebagai tuan rumah seperti Inter-Parliamentary Union (IPU) ke 144 di Bali tahun 2022, P20 Speakers Meeting di Jakarta tahun 2022, AIPA Assembly di Jakarta tahun 2023, MIKTA pada 2023, hingga terakhir Indonesia-Africa Parliamentary Forum di Bali pada 1 September lalu.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 27 September 2024
30o
Kurs