Selasa, 8 Oktober 2024

Sandiaga Uno Sebut IKN Dapat Investasi Rp1 Triliun dari Investor Asing

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) memberi keterangan kepada awak media seusai menghadiri Wonderful Indonesia Co-Branding Forum II di Jakarta, Jumat malam (26/7/2024). Foto: Antara

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menyebut nilai investasi asing dari tiga negara yang masuk ke IKN Nusantara mencapai lebih dari Rp1 triliun.

“Jadi total nilai tabungan-nya dari Investor Rp1 triliun, dan ini merupakan perdana yang datang dari tiga negara asing ke IKN untuk investasi,” ucapnya dilansir dari Antara, Kamis (26/9/2024) dini hari.

Ia menyebutkan bahwa tiga negara asing yang berinvestasi di Indonesia meliputi Australian Independent School (AIS) Nusantara dari Australia, Magnum Resort Nusantara dari Rusia, dan Delonix Grup dari China yang membangun kawasan hotel dan perkantoran.

Nilai investasi tersebut terdiri dari Rp150 miliar dari investor Australia, Rp500 miliar dari Rusia, dan Rp500 miliar dari China.

“Kita harapkan ini bisa menjadi momentum untuk lebih banyak lagi investasi dari luar negeri yang bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja di Indonesia,” tuturnya.

Sandiaga menambahkan, dengan adanya investor yang mulai membangun proyek di IKN, prospek ekonomi dan bisnis akan semakin terbuka. Hal ini terlihat dari pembangunan sektor perhotelan hingga perkantoran oleh Delonix Grup, yang akan menawarkan fasilitas bintang lima.

“Target-nya nanti selama dua tahun dua bulan fasilitas itu bisa digunakan. China akan mengeluarkan biaya Investasi sebesar Rp500 miliar,” ujarnya.

Ia juga menekankan bahwa posisi hotel yang sedang dibangun itu sangat strategis, terletak di tengah distrik terintegrasi kawasan IKN.

“Ini kebetulan tengah-tengah distrik, jadi kedua hotel ini berada di tengah distrik keuangan, dia sudah terintegrasi,” ucapnya. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 8 Oktober 2024
29o
Kurs