Rabu, 25 September 2024

Face Recognition Stasiun Pasar Senen Resmi Beroperasi, Layanan Pelanggan Lebih Nyaman

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Seorang penumpang saat akan memasuki peron di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat dengan memanfaatkan sistem Face Recognition. Foto: Istimewa

PT KAI Daop 1 Jakarta terus berbenah untuk melakukan peningkatan pelayanan. Sebelumnya Face Recognition disediakan di Stasiun Gambir sejak September tahun lalu. Kini Face Recognition telah hadir juga di Stasiun Pasar Senen sejak Sabtu (14/9/2024) lalu.

Ixfan Hendriwintoko Manager Humas Daop 1 Jakarta, mengatakan bahwa penumpang yang telah terverifikasi dengan sistem Face Recognition tidak perlu mendaftar lagi.

Sampai dengan saat ini yang sudah mendaftar Face Recognition di Daop 1 Jakarta sebanyak 1.506.620 orang.

Ixfan juga menjelaskan bahwa mengoperasikan sistem Face Recognition di Stasiun Pasar Senen untuk meningkatkan kenyamanan dan efisiensi layanan bagi penumpang.

“Teknologi ini dipasang di gate 1 menuju jalur 1 Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dan mulai beroperasi pada 14 September 2024 lalu,” kata Ixfan di Jakarta, Rabu (25/9/2024).

“Fasilitas di Stasiun Pasar Senen terus diperbarui demi kenyamanan penumpang. Dengan adanya face recognition, proses boarding menjadi lebih cepat dan mudah. Penumpang kini dapat menikmati tambahan fasilitas seperti pendingin udara di zona 3 atau hall stasiun, serta eskalator yang menghubungkan hall dengan Peron 3 dan Peron 4 KAJJ,” imbuhnya.

Stasiun Pasar Senen melayani rata-rata 8.000 hingga 10.000 penumpang per hari, dengan peningkatan menjadi 11.000 hingga 15.000 pada akhir pekan, dan lebih dari 20.000 saat libur sekolah atau Lebaran.

“Pemasangan face recognition diharapkan mempercepat proses layanan serta meningkatkan kenyamanan penumpang,” pungkas Ixfan.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 25 September 2024
27o
Kurs