Rabu, 25 September 2024

Parlemen Kanada Segera Bahas Mosi Tidak Percaya Terhadap Justin Trudeau

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Justin Trudeau Perdana Menteri Kanada. Foto: Britannica.

Justin Trudeau Perdana Menteri Kanada menghadapi mosi tidak percaya yang diajukan pihak oposisi dan segera dibahas dalam sesi Dewan Rakyat Kanada pada Selasa waktu setempat.

Pierre Poilievre Pemimpin Oposisi dan Ketua Partai Konservatif Kanada sejak pekan lalu mengatakan mosi tersebut akan diajukan pada Selasa (24/9/2024) dan pemungutan suaranya dilakukan pada Rabu (25/9/2024).

Poilievre sudah menyatakan pada 11 September 2024 bahwa partainya akan mengajukan mosi tidak percaya terhadap pemerintahan Trudeau supaya pemilihan umum dapat segera dimajukan ke tahun ini. Dilansir dari Antara pada Rabu (25/9/2024).

Pemilihan federal Kanada seharusnya berlangsung paling lambat pada 20 Oktober 2025, namun dapat dimajukan lebih awal apabila ada kesepakatan.

Pembahasan mosi yang menjadi upaya paling pertama menggugurkan pemerintahan Trudeau tersebut akan dilakukan di masa tanya-jawab harian yang diikuti semua anggota parlemen, antara lain dari Partai Liberal, Partai Konservatif, Partai Demokrat Baru, dan Partai Bloc Québécois.

Trudeau diperkirakan akan melewati ujian pertama yang dihadapi pemerintahnya setelah diakhiri “perjanjian kepercayaan dan pasokan” yang mengikat Partai Demokrat Baru dengan Partai Liberal, yang memastikan kelangsungan pemerintahan minoritas mereka sejak Maret 2022.

Namun, mosi tidak percaya tersebut diperkirakan tak akan disetujui dan Trudeau tetap dapat bertugas sebagai PM, meski pemerintahannya hanya memiliki kekuatan minoritas di parlemen seusai mengakhiri persetujuan dukungan memerintah dengan Partai Demokrat Baru pada Maret 2022.

Hal itu dikarenakan Bloc Quebecois, partai pro-kemerdekaan Provinsi Quebec, menyatakan tak akan mendukung mosi tidak percaya walau didesak Francois Legault Pemimpin Quebec yang hendak mengkritisi kelambanan pemerintah pusat menangani isu imigrasi yang melibatkan provinsi itu.

Selain itu, Jagmeet Singh pemimpin Partai Demokrat Baru juga menyatakan bahwa partainya tak akan mendukung mosi tidak percaya. Ia berkata, Partai Demokrat Baru tak akan mengikuti “permainan Poilievre”. (ant/nis/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 25 September 2024
27o
Kurs