Selasa, 24 September 2024

Hari Ini, Pesawat Kepresidenan yang Mengangkut Jokowi Akan Mendarat Perdana di Bandara IKN

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Pesawat rombongan Kirab Bendera Merah Putih dan Naskah Teks Proklamasi lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Sabtu (10/8/2024) tepat pada pukul 09.53 WIB. Foto: Antara

Joko Widodo Presiden, hari ini, Selasa (24/9/2024), bakal kembali berkegiatan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Presiden beserta rombongan terbatas berangkat dari Pontianak, Kalimantan Barat, menumpang Pesawat Kepresidenan RJ-85, dan terjadwal melakukan pendaratan perdana di Bandara IKN pukul 14.00 WITA.

Dalam keterangannya, di sela kunjungan kerja di Pontianak, Jokowi Presiden membenarkan rencana tersebut.

RI 1 menegaskan, Pesawat Kepresidenan akan mendarat perdana di landas pacu bandara komersil, bukan VVIP.

Mantan Wali Kota Solo itu berharap, Bandara IKN bisa segera digunakan oleh masyarakat umum.

“Ya, nanti itu kan sudah mundur beberapa kali. Kami cek kemarin sudah bisa didarati, ya nanti akan kami coba untuk mendarat di IKN. Itu bukan Bandara VVIP, tapi bandara komersial yang nanti diharapkan bisa digunakan masyarakat umum,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Basuki Hadimuljono Pelaksana Tugas Kepala Otorita IKN menyebut, serangkaian tes pendaratan di Bandara IKN sudah dilaksanakan melibatkan sejumlah pihak terkait antara lain Kementerian Perhubungan dan TNI AU.

Nantinya sesudah tes pendaratan Pesawat Kepresidenan RJ-85, Jokowi Presiden bisa beraktivitas ke berbagai daerah dari Bandara IKN, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Sementara itu, Adita Irawati Juru Bicara Kementerian Perhubungan menjelaskan, tahap verifikasi Bandara IKN sudah dilakukan tanggal 8-9 September 2024. Kemudian, kalibrasi dilakukan tanggal 10 September 2024.

Sekadar informasi, Bandara IKN merupakan bandara yang dibangun untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan serta konektivitas di Ibu Kota Nusantara. (rid/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 24 September 2024
29o
Kurs