Senin, 23 September 2024

Pansus Tetap Selidiki Dugaan Penyimpangan, Meski Survei BPS Sebut Haji 2024 Sangat Memuaskan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Jemaah haji mengelilingi Ka'bah saat mereka melakukan Tawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi pada 11 Juni 2024. Foto: Reuters

Wisnu Wijaya anggota Pansus Haji DPR RI dari Fraksi PKS mengatakan pihaknya menghormati hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebut pelaksanaan haji 2024 sangat memuaskan.

Hal tersebut, kata Wisnu, dapat bermanfaat sebagai satu di antara referensi dalam pengambilan kebijakan untuk perbaikan penyelenggaraan haji di masa mendatang.

Tetapi, akan lebih baik kalau Timwas Haji DPR RI juga dilibatkan dalam survei yang dilakukan BPS tersebut.

“Kami mengapresiasi hal ini, dalam konteks, pihak yang menaruh perhatian terhadap usaha perbaikan layanan haji ke depan ternyata bukan hanya DPR, tetapi juga instansi pemerintah lain seperti BPS. Ke depan, akan sangat baik bila Timwas DPR juga dapat dilibatkan sebagai responden dalam survei yang dilakukan oleh BPS tersebut,” jelas Wisnu di Jakarta, Senin (23/9/2024).

Meskipun survei BPS menyebut layanan haji sangat memuaskan, Wisnu menegaskan pansus angket haji DPR tetap berfokus menyelidiki dugaan penyimpangan kuota haji tambahan oleh Kementerian Agama.

“Penyelidikan pansus tetap berjalan, bahkan hampir tiba pada kesimpulan,” jelas Wisnu.

Sekadar diketahui, hasil survei dari Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat indeks kepuasan jemaah haji Indonesia di tahun 2024 mencapai 88,20. Angka itu masuk dalam kategori sangat memuaskan.

“Indeks tahun ini 88,20. Ini secara umum. Kalau dilihat dari metodologi yang kita gunakan, angka 85 ke atas sudah masuk level sangat memuaskan,” kata Joko Parmiyanto Direktur Sistem Informasi Statistik Badan Pusat Statistik, dalam rilis survei di Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2024).

Indeks kepuasan jamaah haji Indonesia tahun 2024 naik jika dibanding dengan 2023 yang angkanya sebesar 85,83. (faz/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Senin, 23 September 2024
29o
Kurs