Senin, 23 September 2024

Sekjen PBB Sebut Baik Israel dan Hamas Tidak Tertarik Soal Gencatan Senjata Gaza

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Antonio Guterres Sekretaris Jenderal PBB. Foto: Anadolu/Antara

Antonio Guterres Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB), pada Minggu (22/9/2024), mengatakan bahwa baik Israel maupun Hamas kelompok perlawanan Palestina tidak tertarik pada gencatan senjata di Jalur Gaza.

“Baik Israel maupun Hamas sebenarnya tidak menginginkan gencatan senjata. Maksud saya, apa yang dirundingkan cukup masuk akal dan kedua pihak seharusnya berada dalam posisi untuk menerima. Hingga kini, kami melihat bahwa setiap kali ada perkembangan baru, muncul beberapa rintangan baru,” ungkap Guterres seperti dilansir dari Antara.

“Bagi saya jelas bahwa kedua pihak tidak tertarik pada gencatan senjata dan itu menjadi sebuah tragedi sebab ini adalah perang yang harus dihentikan,” tambahnya.

Seperti diketahui, pada 7 Oktober 2023, perang Israel-Palestina berkecamuk setelah serangan roket yang dilancarkan Hamas menewaskan ribuan warga Israel.

Di waktu bersamaan, pejuang Hamas menyusup ke daerah-daerah perbatasan, menembaki anggota militer dan warga sipil serta melakukan penyanderaan.

Otoritas Israel menyebutkan sekitar 1.200 orang tewas selama terjadi serangan tersebut.

Selanjutnya angkatan bersenjata Israel (IDF) meluncurkan Operasi Pedang Besi di Jalur Gaza seraya mengumumkan pengepungan penuh terhadap daerah kantong tersebut.

Tapi, yang terjadi justru genosida. Bahkan Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan jumlah korban tewas akibat serangan Israel di Jalur Gaza sejak operasi tersebut sudah mencapai lebih 41.000 orang. (ant/nis/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Senin, 23 September 2024
32o
Kurs