Senin, 23 September 2024

Mahasiswa Unesa Sumbang 123 Medali untuk Jatim di PON 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Nurhasan Rektor Unesa bersama para atlet yang menyumbang medali untuk kontingen Jawa Timur di PON XXI 2024. Foto: Humas Unesa

Atlet dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) memberikan kontribusi untuk kontingen Jawa Timur (Jatim) di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut).

Mahasiswa Unesa menyumbang 123 medali dari total 425 perolehan kontingen Jawa Timur. Rinciannya, 36 medali emas, 47 perak, dan 40 perunggu.

Dwi Cahyo Kartiko Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) menyebutkan, atlet dari Unesa berasal dari berbagai fakultas, baik FIKK, Fakultas Vokasi, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), dan Program Profesi Guru (PPG).

“Setelah kami petakan, atlet mahasiswa Unesa memboyong medali pada 31 cabor. Medali terbanyak diperoleh di cabor renang dengan total 24 medali, diikuti petanque, triathlon, judo, dan panjat tebing,” ungkap Dwi Cahyo, Minggu (22/9/2024).

Capaian ini membanggakan lembaga dan masyarakat Jawa Timur serta menunjukkan keberhasilan sistem pembinaan atlet di Unesa.

Nurhasan Rektor Unesa mengatakan bahwa prestasi ini memperkuat keunggulan kampus ‘Satu Langkah di Depan’ di bidang olahraga.

“Diharapkan, tradisi medali UNESA dapat berlanjut, tidak hanya di PON tetapi juga di kompetisi olahraga internasional, termasuk Olimpiade,” terang Cak Hasan, sapaan akrabnya.

Unesa juga menyiapkan reward untuk para atlet berprestasi di PON XXI 2024, termasuk beasiswa pembinaan dan konversi medali emas menjadi nilai tugas akhir.

Mahasiswa yang meraih medali tidak perlu membuat skripsi, melainkan laporan atau profil pengalaman latihan dan strategi meraih medali. (saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Senin, 23 September 2024
28o
Kurs