Minggu, 22 September 2024

Pratik Scamming di Surabaya Terbongkar, 10 WNA dari China dan Vietnam Diamankan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Polisi waktu menggerebek sebuah rumah di kawasan Surabaya Barat dan mengamankan 10 WNA diduga pelaku scammer atau penipuan online. Foto: Istimewa

Tim Jatanras Polrestabes Surabaya membongkar kasus dugaan praktik scamming atau penipuan online di perumahan elite kawasan Surabaya Barat, pada Jumat (20/9/2024) lalu.

Dari hasil penggerebekan itu, polisi mengamankan sembilan orang scammer warga negara asing (WNA) China, dan satu scammer berasal dari Vietnam.

AKBP Aris Purwanto Kasat Reksrim Polrestabes Surabaya menyatakan, saat anggotanya menggerebek rumah itu, para terduga pelaku tengah mengoperasikan berbagai barang elektronik.

Para WNA itu diduga menjalankan aksi penipuan dari dalam rumah menggunakan laptop dan handphone.

“Kami mengamankan para pelaku beserta barang bukti berupa laptop, handphone, dan beberapa koper dari lokasi kejadian,” kata Aris waktu dikonfirmasi, Minggu (22/9/2024).

Aris menegaskan, penggerebekan ini merupakan upaya kepolisian dalam memberantas kejahatan dunia maya yang marak dan menghantui masyarakat.

Saat ini, 10 WNA itu tengah menjalani proses penyelidikan di Mapolrestabes Surabaya untuk mengungkap lebih detail modus serta jaringan penipuan yang terlibat.

Sementara itu AKP Haryoko Widhi Kasi Humas Polrestabes Surabaya mengatakan, dalam waktu dekat kasus dugaan scammer ini akan segera diungkap.

“Kalau tidak ada perubahan (jadwal), besok Senin (23/9/2024) akan kami rilis,” ujarnya. (wld/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 22 September 2024
29o
Kurs