Minggu, 22 September 2024

Pendidikan di Singapura Jadi Incaran Pelajar Indonesia, Ini Alasannya

Laporan oleh Akira Tandika Paramitaningtyas
Bagikan
Booth Singapore Management University (SMU) dalam edu fair yang digelar Fortrust Education Services, Sabtu (21/9/2024). Foto: Akira suarasurabaya.net

Ada beberapa alasan, mengapa pendidikan di Singapura banyak diburu oleh pelajar Indonesia.

Andrew Low Senior Associate Director Office of Admissions and Financial Assistance Singapore Management University mengatakan, salah satu alasannya adalah karena jarak antara Singapura dan Indonesia masih sangat terjangkau. Terutama dengan Surabaya.

“Hanya beberapa jam saja, bisa sampai Singapura. Bahkan, perbedaan waktunya hanya satu jam dengan Waktu Indonesia Barat (WIB),” terangnya saat ditemui di edu fair di Hotel Bumi Surabaya City Resort, Sabtu (21/9/2024).

Yang kedua, lanjut Andrew, tidak ada perbedaan budaya yang terlau mencolok antara Indonesia dan Singapura. Dan yang ketiga adalah jaminan mendapat pekerjaan setelah lulus.

“Hal-hal itu yang membuat pendidikan di Singapura menjadi sangat populer, terutama di kalangan pelajar Indonesia,” tambahnya.

Selain itu, ada beberapa pilihan beasiswa yang bisa didapatkan oleh pelajar. Termasuk salah satunya adalah tuition grant.

“Jadi tuition grant ini merupakan beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan Singapura sebesar 40 persen dari total biaya yang hafus dibayarkan pelajar,” ungkapnya.

Untuk pendaftaran tuition grant, tidak banyak syarat yang dibutuhkan kecuali mengikuti standar tes berkuliah di luar negeri seperti, lulus IELTS dan TOEFL.

Andrew menambahkan, pelajar yang mendaftar untuk tuition grant dan diterima, mereka harus bekerja selama tiga tahun di Singapura yang telah terlibat kerja sama sebelumnya.

Jessica salah satu pengunjung edu fair mengatakan, dia dan orang tuanya sengaja datang dari Malang untuk mencari informasi terkait pendidikan di Singapura.

“Ini masih lihat-lihat saja. Tapi memang ada niatan untuk mengambil pendidikan di luar negeri,” tuturnya.

Sementara itu, dalam pameran yang digelar oleh Fortrust Education Services, tak hanya Singapore Management University (SMU) saja yang bergabung. Ada beberapa kampus lain dari Singapura yang turut serta seperti, Singapore University of Social Sciences (SUSS), Singapore University of Technology and Design (SUTD), Singapore Institute of Technology (SIT), dan Temasek Polytechnic. (kir/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 22 September 2024
28o
Kurs