Sabtu, 21 September 2024

BMKG Prakirakan Cuaca di Kota-kota Indonesia Berawan dan Hujan

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Kota Surabaya saat cuaca berawan. Foto : Dok. suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi berawan dan hujan akan dialami oleh sebagian besar kota-kota di Indonesia pada hari ini, Sabtu (21/9/2024).

Dalam siaran prakiraan cuaca yang dipantau Antara secara daring di Jakarta, Sabtu, Hasalika Nurjanah Prakirawan BMKG menjelaskan pada hari ini hujan ringan diprakirakan turun di Pekanbaru, Tanjung Pinang dan Pangkal Pinang sementara hujan petir berpotensi terjadi di Medan.

Dalam periode yang sama, dia mengatakan Banda Aceh, Padang, Bengkulu, Palembang dan Bandar Lampung dapat mengalami kondisi cuaca berawan tebal, seiring kondisi udara kabur di wilayah Jambi.

Di wilayah Pulau Jawa, BMKG mengatakan Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya berpotensi mengalami cuaca berawan tebal. Kondisi sejenis dapat terjadi di Serang yang cerah berawan dan Yogyakarta berawan.

Sementara itu, wilayah Mataram dan Kupang diprakirakan mengalami hujan ringan pada hari ini, seiring dengan kondisi berawan di Denpasar.

Di Pulau Kalimantan, hujan dengan intensitas ringan berpotensi turun di Pontianak dan Palangkaraya dan hujan petir dapat terjadi di wilayah Tanjung Selor. Samarinda dapat mengalami kondisi cuaca berkabut dan Banjarmasin berawan.

Hujan juga diprakirakan BMKG dapat turun di wilayah Manado dengan intensitas ringan, sementara hujan sedang berpotensi terjadi di Mamuju dan Gorontalo. Kondisi berawan dapat dialami oleh mereka yang berada di Makassar dan Kendari sementara udara kabur berpotensi terjadi di Palu.

Cuaca di Indonesia timur didominasi hujan dengan wilayah Ternate, Sorong, Manokwari, Jayapura, Jayawijaya dan Merauke berpotensi mengalami curah hujan ringan sementara hujan sedang dapat terjadi di Nabire. Untuk Ambon, BMKG menyatakan potensi awan tebal dialaminya pada hari ini.(ant/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 21 September 2024
30o
Kurs