Sabtu, 21 September 2024

Kebakaran di Cipinang, 3 Balita Meninggal Terkunci di Dalam Ruangan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Petugas Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur memadamkan api yang membakar 13 unit rumah di Cipinang, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (20/9/2024). Foto: Antara

Tiga balita inisial K (4), R (3,5), dan A (1,5) meninggal karena terkunci dalam ruangan saat kebakaran di Jalan Cipinang Baru RT 05/RW 18, Kelurahan Cipinang, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (20/9/2024).

“Saat itu ibu korban menjemput anaknya yang lain di SD Cipinang, kamar dikunci agar anak-anak ini tidak keluar karena takut terjatuh dari lantai dua dan rumah dalam keadaan kosong,” kata Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi Kabid Humas Polda Metro Jaya di Jakarta, Jumat, dilansir Antara.

Ade Ary mengatakan kejadian berawal dari seorang saksi yang melihat api dari lantai dua, kemudian berusaha menyelamatkan tiga balita di dalam kamar, namun tidak sempat.

Kemudian saksi menghubungi saksi lain yakni ibu korban lantaran saat itu tengah di luar rumah sedang menjemput anaknya di SD daerah Cipinang.

Polisi telah melakukan olah tempat kejadian peristiwa (TKP) dan tengah melakukan pemeriksaan laboratoris bekerjasama dengan Puslabfor Bareskrim Polri.

“Inilah yang akan dilakukan pendalaman oleh rekan-rekan Satreskrim Polres Jaktim dan Polsek Pulogadung untuk mendalami apakah ada dugaan tindak pidana atau tidak,” ujarnya.

Atas kejadian itu, pihaknya mengimbau kepada orang tua supaya berhati-hati meninggalkan anak dalam keadaan sendirian dan diharapkan berkomunikasi dengan keluarga lain untuk bisa menjaga.

Sehingga, jika ada hal tak diinginkan ataupun darurat maka keluarga maupun warga terdekat bisa segera melakukan tindakan.

“Peristiwa kebakaran ini cukup marak yang disebabkan hubungan arus pendek, lupa mematikan kompor. Ini juga harus kita tingkatkan kewaspadaan kita,” ucapnya.

Terkait dugaan penyebab kebakaran, pihaknya masih melakukan pendalaman dengan berdasarkan barang bukti, alat bukti, maupun keterangan saksi.

Sebelumnya, tiga orang meninggal dunia akibat kebakaran yang menghanguskan 13 unit rumah di Jalan Cipinang Baru RT 05/RW 18, Kelurahan Cipinang, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, pada Jumat ini pukul 09.43 WIB.

Jumlah kerugian akibat kebakaran itu ditaksir mencapai Rp1,8 miliar. Sedangkan 17 kepala keluarga (KK) dengan 70 jiwa penyintas kebakaran itu mengungsi ke Mushalla Al Mujahidin. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 21 September 2024
27o
Kurs