Jumat, 20 September 2024

Job Fair FEB Unair Dorong Pertumbuhan Angkatan Kerja Lewat Sistem Rekrutmen Digital

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Gelaran Job Fair Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (Unair) di FEB Unair, Kampus B, Surabaya, pada Rabu (18/9/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (Unair) menggandeng Sevima, sebuah perusahaan teknologi pendidikan (edutech) dalam gelaran Job Expo pada Career Week 2024 di FEB Unair, Kampus B, Surabaya, Rabu (18/9/2024).

Dian Agustia Dekan FEB Unair mengatakan, langkah tersebut merupakan upaya membantu alumni dalam menemukan karier impian, karena melalui sistem digital, proses rekrutmen menjadi lebih mudah dan efisien.

“Semoga dengan adanya acara ini dapat membantu mahasiswa dan alumni mengetahui lebih jauh dalam menentukan karir di masa depan,” katanya.

Job Fair Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (Unair) yang digelar Unair Kampus B, Surabaya, pada Rabu (18/9/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Menurutnya, melalui langkah digital tersebut bisa mengatasi masalah pengangguran menjadi lebih baik, karena memiliki keunggulan dalam mendapatkan informasi seputar pekerjaan lebih cepat.

Apalagi, data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah pengangguran di Indonesia pada Februari tahun 2024 mencapai 7,195 juta orang. Angka itu mengalami penurunan dibandingkan tahun 2023 yang berada pada angka 7,989 juta orang. Tetapi, jika dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara, tingkat pengangguran di Indonesia masih tinggi.

“Alumni bisa segera mendapatkan pekerjaan yang mendukung pencapaian poin Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi,” ucapnya.

Di sisi lain, lanjut dia, perusahaan juga dapat lebih mudah menemukan talenta terbaik dari alumni kampus. Karena fitur dalam aplikasi yang ditawarkan itu, bisa menjembatani antara perguruan tinggi, alumni dan industri.

Sementara itu, Rendy Alfisyahrial Product Manager Sevima mengatakan, fitur itu merupakan pengembangan atas kebutuhan perguruan tinggi dan industri yang diharapkan, fitur ini bisa memudahkan lulusan dalam mencari kerja karena telah memanfaatkan sistem digital.

”Kita terus dinamis dengan mengembangan fitur-fitur berdasarkan permasalahan yang ada di market, dengan harapan 3 sektor mulai dari alumni, perguruan tinggi, hingga Industri dapat berkolaborasi dengan baik dalam mencapai tujuannya masing-masing sektor,” ucapnya.

Selama Career Week 2024, kata dia, mahasiswa dan alumni FEB Unair dapat memanfaatkan CV Builder Karirlink untuk membuat CV yang sudah terstandarisasi, mengakses lowongan pekerjaan, dan melamar melalui portal.

Selain itu, platform tersebut juga memudahkan pencarian lowongan sesuai minat dan keterampilan, serta memastikan proses rekrutmen yang transparan dan efisien.

“Dengan hadirnya fitur seperti pencarian talent, kelola pelamar hingga rekomendasi lulusan, nantinya perusahaan akan lebih mudah menemukan talenta yang sesuai kebutuhan,” tuturnya.

Pihaknya memastikan, akan terus mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia, termasuk pada sisi outcome perguruan tinggi, melalui digitalisasi proses rekrutmen alumni. (ris/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
26o
Kurs