Jumat, 20 September 2024

Konsumsi Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Hati

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Alpukat menjadi salh satu makanan yang bisa meningkatkan suasana hati. Foto: nutritiouslife

Beberapa makanan super disebut dapat membantu mengurangi risiko penyakit hati berlemak, menurut Deepsikha Jain ahli gizi asal India.

Dilansir dari Antara pada Rabu (18/9/2024), Jain merekomendasikan kopi hitam, alpukat, kunyit, dan sayuran berdaun hijau sebagai pilihan yang baik untuk kesehatan hati.

Dia menekankan pentingnya mengendalikan asupan karbohidrat dan memperbaiki kebiasaan gaya hidup untuk hasil yang optimal.

Sementara itu, Bhavesh Patel ahli gastroenterologi menambahkan bahwa sayuran berdaun hijau seharusnya menjadi bagian dari pola makan sehari-hari.

“Tidak ada batasan untuk sayuran berdaun hijau; dalam pola makan tradisional, kita biasanya mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Sebaliknya, junk food yang tinggi karbohidrat sebaiknya dihindari,” jelasnya.

Patel juga menyebutkan manfaat kopi hitam berkat kandungan flavonoid dan antioksidannya. Namun, bagi mereka yang sensitif terhadap kafein, kopi decaf bisa menjadi pilihan.

Alpukat diakui sebagai sumber lemak sehat dan antioksidan, tetapi Patel menyarankan untuk mengonsumsinya dengan bijak, tidak lebih dari tiga hingga empat buah per minggu.

Untuk kunyit, Patel merekomendasikan penggunaannya sebagai bumbu masakan dan memperingatkan agar tidak mengonsumsi suplemen kunyit secara berlebihan, yang bisa berisiko bagi kesehatan hati. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
26o
Kurs