Jumat, 20 September 2024

Puncak HUT ke-79 TNI AL, Perkuat SDM untuk Hadapi Perkembangan Teknologi

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Upacara militer peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI Angkatan Laut (AL) di Dermaga Ujung Koarmada II, Surabaya, Selasa (10/9/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

TNI Angkatan Laut (AL) memperingati puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 dengan menggelar upacara militer di Dermaga Ujung Koarmada II, Surabaya, Selasa (10/9/2024).

Upacara militer tersebut, diikuti oleh 1.800-an prajurit yang terdiri dari Komando Armada (Koarmada) II, Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Kodiklatal), Akademi Angkatan Laut (AAL), Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Puspenerbal), Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II hingga Pasukan Marinir (Pasmar) 2.

Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II yang memimpin upacara mengatakan, di usia yang baru ini, TNI AL akan terus memperkuat kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi.

“Seperti yang diamanatkan oleh Panglima TNI, prajurit Jalasena TNI Angkatan Laut harus siap mengikuti dinamika perkembangan situasi, baik itu secara regional, nasional, maupun global, terutama dengan kemajuan teknologi,” katanya sesuai upacara kepada awak media.

Ia mengatakan, kemajuan teknologi tidak akan ada gunanya jika manusianya tidak siap. Sehingga, segala ilmu dan pengetahuan akan perkembangan teknologi harus selalu dipelajari, untuk memastikan TNI AL siap dalam segala situasi.

“Oleh karena itu, prajuritnya sebagai sumber daya manusia, menyiapkan diri semaksimal mungkin untuk bisa menghadapi tantangan-tantangan itu,” tuturnya.

Dalam puncak peringatan hari jadi tersebut, selain menekankan pentingnya peningkatan kualitas SDM terhadap teknologi, juga dilakukan penyematan penganugerahaan tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI dan XXIV.

Ia mengatakan, peringatan HUT TNI AL juga merupakan bentuk menghormati jasa para pendiri Badan Keamanan Rakyat Bagian Laut (BKR Laut), yang dari BKR Laut tersebut, kemudian lahir TNI AL.

Seperti diketahui, peringatan hari jadi melalui upacara militer tersebut, terpusat di perairan Jakarta dan secara serentak diikuti di berbagai wilayah di Indonesia.

Sebelum tanggal 10 September, sebelumnya TNI AL yang berada di Surabaya, juga telah melakukan beberapa kegiatan, seperti ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional 10 November, Naval Base Open Day (NBOD), hingga pemecahan rekor muri makan bergizi bersama pelajar SD/MI.(ris/kir/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
27o
Kurs