Jumat, 20 September 2024

Cuaca Wilayah Jatim Termasuk Surabaya Hari Ini Cenderung Cerah Berawan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi cuaca cerah berawan. Foto: Pratama suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca Kota Surabaya dan seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim) hari ini, Sabtu (7/9/2024) cenderung cerah hingga berawan.

“Cuaca Jawa Timur dan sekitarnya Sabtu pagi hingga, Minggu (8/9/2024) dini hari, diprakirakan cerah, berawan hingga berkabut,” tulis prakirawan BMKG Juanda dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net.

Suhu udara Jatim hari ini berkisar 13 hingga 38 derajat Celcius dengan kelembapan udara di angka 26-99 persen. Angin dominan berhembus dari tenggara ke selatan dengan kecepatan lima sampai 40 km per jam.

Cuaca serupa juga diprakirakan BMKG Maritim Tanjung Perak, terjadi di sebagian wilayah perairan Jatim hari ini.

“Kondisi cuaca di sebagian besar wilayah perairan Jawa Timur umumnya Cerah Berawan,” tulis BMKG Maritim.

Arah angin didominasi dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur 22 knots (41 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 24 knots (44 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.3-1.0 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-2.0 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.3-3.3 meter.

BMKG Maritim juga mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di wilayah pesisir mewaspadai potensi gelombang tinggi.

“Waspada gelombang tinggi diatas 2.5 meter di Perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia Selatan Jatim,” tambah BMKG Maritim. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
27o
Kurs