Jumat, 20 September 2024

Ribuan Umat Katolik Antusias Sambut Paus Fransiskus di Katedral Jakarta

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Paus Fransiskus Pemimpin Gereja Katolik Dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan terlihat membuka kaca mobil dan melambaikan tangan kepada ribuan umat Katolik di Gereja Katederal yang sudah menantinya di Jakarta, Rabu (4/9/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Paus Fransiskus Pemimpin Gereja Katolik Dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan, sore hari ini, Rabu (4/9/2024), berkunjung ke Gereja Katedral Jakarta, kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

Kunjungan ke gereja bersejarah yang punya nama resmi Gereja Santa Maria Diangkat ke Surga itu merupakan salah satu rangkaian Perjalanan Apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, Paus Fransiskus tiba pukul 16.35 WIB diantar mobil Toyota Innova Zenix warna putih berplat nomor SCV 1.

Sekitar seribuan Umat Katolik yang berkumpul di sekitaran Katedral Jakarta dan Masjid Istiqlal, menyambut dengan antusias kehadiran Paus Fransiskus.

Mereka kompak berteriak memanggil nama Papa Francesco sambil menjulurkan tangannya ke arah mobil yang mengangkut Paus Fransiskus.

Di halaman Katedral Jakarta, anak-anak dari Paroki Katedral Jakarta menyambut Paus dengan lagu-lagu tradisional daerah Indonesia yang dimainkan dengan alat musik angklung.

Sebagian anak-anak mengibarkan Bendera Indonesia dan Vatikan ukuran kecil sambil mengucapkan salam sambutan dalam Bahasa Italia.

Begitu turun dari mobil, Paus Fransiskus menyempatkan diri menemui anak-anak dan Umat Katolik yang sudah menunggunya dari siang.

Anak-anak dan Umat Katolik yang bisa memegang bahkan mencium tangan Paus Fransiskus terlihat sangat gembira. Beberapa di antaranya ada yang menangis terharu.

Dalam kunjungan ke Gereja Katedral, Paus akan bertemu dengan anggota Serikat Jesus Indonesia, para pemuda, dan kelompok difabel.

Menurut keterangan Albertus Hani Rudi Pastor Gereja Katedral Jakarta, ada sebanyak 1.300 uskup, imam, biarawan, dan biarawati yang hadir untuk bertemu Paus Fransiskus.

Selain melakukan pertemuan dengan Rohaniawan Katolik, Paus juga menyambangi Grha Pemuda salah satu tempat bersejarah buat Bangsa Indonesia yang masih berada di kompleks Gereja Katedral Jakarta.

Grha Pemuda merupakan lokasi berkumpulnya para pemuda dari berbagai latar belakang sebelum peristiwa Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928.

Di situ, Paus Fransiskus melakukan pertemuan dengan para pemuda dan kelompok difabel.

Seperti diketahui, Paus Fransiskus terjadwal melakukan Perjalanan Apostolik ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura dari tanggal 2 sampai 13 September 2024.

Indonesia jadi negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus dalam lawatannya ke kawasan Asia Pasifik.

Pemimpin Tertinggi Umat Katolik kelahiran Argentina itu terjadwal berada di Indonesia selama tiga hari, dari tanggal 3 sampai 6 September 2024.

Paus Fransiskus merupakan Paus ketiga yang menjejakkan kakinya di Indonesia sesudah Paus Santo Paulus VI yang berkunjung tahun 1970, dan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989. (rid/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
24o
Kurs