Rabu, 2 Oktober 2024

Kemendag Resmikan Pameran Mainan Anak Permanen Terbesar Se-Indonesia di Surabaya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Pemprov Jatim meninjau produk UMKM di Indonesia Toys Paradise di Surabaya, Selasa (3/9/2024). Foto: Meilita Elaine suarasurabaya.net

Kementerian Perdagangan RI meresmikan pameran mainan anak permanen terbesar se-Indonesia di Surabaya, Selasa (3/9/2024).

Jerry Sambuaga Wakil Menteri Perdagangan menyebut, pameran ini untuk meningkatkan kapasitas produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Indonesia Toys Paradise ini untuk terobosan dan pengembangan peningkatan kapasitas produk UMKM,” katanya usai meresmikan Indonesia Toys Paradise di Surabaya, Selasa (3/9/2024).

Sekaligus upaya pemerintah memfasilitasi pelaku usaha dan UMKM.

“Ini jadi perhatian khusus, memberi pesan bahwa pemerintah siap memfasilitasi segala pengembangan selama sesuai undang-undang dan prosedur,” tuturnya.

Jerry Sambuaga Wakil Menteri Perdagangan RI, Selasa (3/9/2024). Foto: Meilita Elaine suarasurabaya.net

Jerry minta, pameran permanen ini mayoritas mengakomodir produk lokal milik UMKM. Bahkan kalau bisa setara minimarket, minimal 80 persen dari keseluruhan.

“(Impor) harus selektif, harus memastikan mana yang diimpor, diekspor. Yang diimpor biasanya hanya bahan baku,” tandasnya.

Senada dengan Jerry, Joko Irianto Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Jawa Timur menyebut, akan menjalin kolaborasi agar produk lokal mendominasi di Indonesia Toys Paradise.

“Kami nanti akan koordinasi menjalin kerja sama atau promosi bersama sehingga industri UMKM lokal bisa terangkat,” ucapnya.

Sementara Hardy Pangdani CEO Tritunggal Abadi Jaya Indonesia menyebut, perkembangan industri mainan anak di Indonesia sudah baik.

“Dampak ekonomi ke depan yang pasti dengan berkembangnya industri permainan anak, kami berharap bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi,” bebernya.

Dari total 600 booth atau stan mainan anak yang dipamerkan, 40 di antaranya UMKM. Ke depan akan bertambah. (lta/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 2 Oktober 2024
25o
Kurs