Jumat, 20 September 2024

Kamala Harris Wapres AS Tolak Embargo Senjata untuk Israel

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Kamala Harris Wakil Presiden AS berbicara KTT iklim PBB COP28 di Dubai pada 2 Desember 2023. Foto: AFP

Kamala Harris Wakil Presiden AS pada Kamis (29/8/2024) menolak kemungkinan penerapan embargo senjata terhadap Israel, yang sedang melancarkan serangan besar-besaran di Jalur Gaza.

“Saya tegas dan teguh dalam komitmen saya terhadap pertahanan Israel dan kemampuannya untuk mempertahankan diri, dan itu tidak akan berubah,” kata Harris dilansir dari Antara, Sabtu (31/8/2024).

Ketika ditanya tentang kemungkinan perubahan kebijakan AS yang berdampak pada bantuan militer, Harris menjawab singkat, “Tidak.”

Dia mengakui jumlah korban tewas warga Palestina yang “terlalu banyak,” dengan lebih dari 40 ribu orang tewas, sebagian besar perempuan dan anak-anak.

Harris menekankan pentingnya mencapai kesepakatan untuk mengakhiri perang dan membebaskan para sandera.

“Kita harus mencapai kesepakatan. Kita berada di Doha. Kita harus mencapai kesepakatan. Perang ini harus berakhir, dan kita harus mencapai kesepakatan untuk membebaskan para sandera,” tambahnya.

Harris juga menegaskan komitmennya terhadap solusi dua negara, di mana Israel dan warga Palestina dapat hidup aman dan dengan martabat.

Sementara itu, Israel terus menghadapi tuduhan genosida di Mahkamah Internasional dan perintah penghentian operasi militer di Rafah yang tidak diindahkan. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
24o
Kurs