Jumat, 20 September 2024

PBB Lakukan Vaksinasi Polio untuk Anak-Anak Gaza Selama Jeda Pertempuran

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Seorang anak Palestina diperiksa oleh seorang dokter di Rumah Sakit Nasser di Khan Younis, di Jalur Gaza selatan pada Jumat (30/8/2024). Foto: Reuters

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan memberikan vaksin polio terhadap 640.000 anak di Jalur Gaza pada Minggu (1/9/2024) besok.

PBB memanfaatkan jeda delapan jam setiap hari dalam pertempuran antara Israel dan militan Hamas di wilayah tertentu di daerah kantong yang terkepung itu.

Dilansir dari Reuters, vaksinasi yang menargetkan anak-anak di bawah usia 10 tahun itu, menyusul konfirmasi minggu lalu bahwa seorang bayi lumpuh karena virus polio tipe 2, kasus pertama di wilayah tersebut dalam 25 tahun.

Pejabat WHO mengatakan, sedikitnya 90 persen anak perlu divaksinasi dua kali dengan jarak empat minggu antar dosis agar kampanye berhasil.

Tetapi kampanye ini menghadapi tantangan besar di Gaza, yang sebagian besar telah hancur akibat perang selama hampir sebelas bulan.

“Itu tidak ideal,” kata Rik Peeperkorn pejabat senior Organisasi Kesehatan Dunia untuk wilayah Palestina, kepada wartawan di Jenewa pada Jumat (30/8/2024).

“Kami rasa hal itu bisa dilakukan jika semua bagian teka-teki sudah tersedia,” katanya.

Badan PBB itu mengatakan, kampanye ini akan terjadi dalam tiga tahap – di Gaza tengah, selatan dan utara.

Sementara itu, pertempuran akan dihentikan sementara selama sedikitnya delapan jam selama tiga hari berturut-turut di setiap fase.

Penghentian sementara dapat diperpanjang selama empat hari di setiap fase, yang menurut WHO kemungkinan besar diperlukan. Itu berarti setiap putaran vaksinasi dapat berlangsung kurang dari dua minggu. (saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
27o
Kurs