Jumat, 20 September 2024

Jelang Pendaftaran Cagub, Pengamanan di Depan Kantor KPUD Jakarta Diperketat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Aparat kepolisian menjaga area depan Kantor KPUD Jakarta, menjelang pendaftaran bakal calon Gubernur Jakarta, Rabu (28/8/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta, hari ini, Rabu (28/8/2024), akan menerima pendaftaran dua bakal pasangan Calon Gubernur Jakarta periode 2024-2029.

Masing-masing, Ridwan Kamil-Suswono yang diusung partai politik Koalisi Indonesia Maju plus PKS, NasDem, PKB, dan Perindo, serta Pramono Anung-Rano Karno yang diusulkan PDI Perjuangan.

Pantauan suarasurabaya.net, di Kantor KPUD Jakarta, Jalan Salemba Raya Nomor 15 Paseban, Senen, Jakarta Pusat, pengamanan sudah diperketat dari pukul 07.30 WIB.

Tepat pukul 07.00 WIB, aparat kepolisian melakukan sterilisasi di area dalam Gedung KPUD Jakarta. Semua orang diminta keluar, lalu Tim Gegana dan K-9 menyisir semua tempat.

Satu lajur jalan depan Kantor KPUD Jakarta ditutup, dan dijaga aparat kepolisian bersama Satpol PP, pengamanan internal, dan Petugas Dinas Perhubungan Jakarta.

Penutupan satu lajur jalan itu membuat arus lalu lintas kendaraan mengalami kemacetan.

Informasi yang beredar di kalangan pewarta, Pramono Anung-Rano Karno akan mendaftar lebih dulu, sekitar pukul 11.00 WIB.

Sedangkan Ridwan Kamil-Suswono akan berangkat bersama dari hotel kawasan Jakarta Pusat menuju Kantor KPUD Jakarta, sekitar pukul 14.00 WIB.

Rencananya, besok, Kamis (29/8/2024), Dharma Pongrekun dan Kun Wardana bakal pasangan calon jalur perseorangan (independen) yang dinyatakan memenuhi syarat akan mendaftar.

Sebelumya, KPUD Jakarta menetapkan syarat minimal suara sah partai politik atau ambang batas pencalonan gubernur dan calon wakil gubernur sebanyak 7,5 persen dari suara sah Pemilu Legislatif 2024.

Jumlah suara sah di tingkat DPRD Provinsi Jakarta diketahui sebanyak 6.067.241. Dengan begitu, partai politik atau gabungan partai politik yang mengajukan calon Gubernur harus punya minimal 454.885 suara sah di Jakarta.

Seperti diketahui, Pilkada serentak 2024 akan diselenggarakan di 37 provinsi, 415 kabupaten, dan 93 kota.

Pemungutan suara terjadwal dilaksanakan hari Rabu, 27 November 2024.(rid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
24o
Kurs