Sabtu, 5 Oktober 2024

Perkuat Kontribusi Lingkungan Hijau, Ratusan Mahasiswa Baru Unair Tanam Pohon Serentak

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Mahasiswa Unair saat menanam pohon di area kampus C Mulyorejo dalam gerakan menanam pohon, Sabtu (24/8/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sekitar 130 mahasiswa baru Universitas Airlangga (Unair) menanam pohon di area Kampus Unair C, Mulyorejo, Surabaya, pada Sabtu (24/8/2024).

Karnaji Direktur Direktorat Logistik, Keamanan, Ketertiban, dan Lingkungan (DLKKL) Unair mengatakan, penanaman pohon itu dilakukan sebagai upaya untuk mendorong mahasiswa baru agar lebih mencintai dan merawat lingkungan hijau.

“Maba ini coba kita kenalkan bahwa Unair ini sudah masuk green campus. Mahasiswa harus dilibatkan dan dikenalkan sejak awal bahwa kampusnya harus tetap hijau,” katanya saat berada di area lahan penanaman Unair Kampus C.

Karnaji Direktur Direktorat Logistik, Keamanan, Ketertiban, dan Lingkungan (DLKKL) Universitas Airlangga (Unair) saat menberi keterangan di Kampus C Unair, Surabaya, Sabtu (24/8/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Unair sendiri, kata dia, telah masuk dalam rangking dunia ketegori kampus hijau di dunia dengan urutan nomor 83. Sedangkan di Indonesia, berada di momor delapan kampus hijau.

“Jadi masuk 10 besar termasuk kampus hijau di Indonesia, juga di dunia,” ucapnya.

Penanaman dan perawatan pohon itu, lanjut dia, juga sebagai bentuk Unair dalam memberi dampak positif kepada lingkungan sekitar, terutama untuk udara sehat.

“Tujuannya juga sebagai paru-paru kota,” katanya.

Apalagi, kampus Unair terletak di tengah kota besar Surabaya dengan lahan yang sempit, sehingga harus memanfaatkan setiap lahan yang dimiliki oleh kampus sebaik mungkin untuk space terhadap tumbuhan.

“Karena sempit, harus kita daya gunakan bagaimana lahan sempit itu menyumbang oksigen juga bisa maksimal,” tuturnya.

Seperti diketahui, momentum mengajak mahasiswa baru untuk turut andil dalam penanaman pohon itu, dilakukan dalam masa penutupan pengukuhan mahasiswa baru sarjana dan vokasi 2024. (ris/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 5 Oktober 2024
28o
Kurs